Untitled-26HENDI N OVIAN
[email protected]

Pasca diresmikannya galeri UMKM bertajuk ‘3rd Bogor Fashion & Food Festival’, Kamis (26/5/2016) lalu oleh Ibu Waliko­ta Bogor, Yane Ardian di Botani Square Bogor, para pemilik stan berbagai jenis makanan dan pakian mengaku me­raup untung hingga berlipat ganda.

Salah satu penjaga stan mengaku mendapatkan untung hingga berlipat pada hari penjualan sebelumnya. Me­mang saat ini Kota Bogor tengah meng­gelar festival tersebut dalam rangka me­nyambut Hari Jadi Kota Bogor ke-534.

Berbagai stan menghiasi lantai dasar Botani Square, diantaranya stan makanan ringan yang terbuat dari bahan rem­pah, tas anyaman hingga bahan dan baju batik khas Bogor dijajakan dengan kema­san yang apik.

Pemasaran Mochi Bogor Sri Nurmulyanti misalnya, ia menuturkan bahwa stan yang dijaganya dapat meraup penghasilan hingga 30 persen dari se­belumnya, bahkan keuntungan itu bisa dirasanya saat akhir pekan. “Alhamdulil­lah sejak dibukanya festival ini, saya bisa mendapatkan uang lebih besar dari bi­asanya,” kata Sri, Senin (30/5/2016).

BACA JUGA : 

Disinggung akan diperpanjangnya festival tersebut, Sri pun bersyukur dan berharap agar acaranya benar diper­panjang. Sri pun mengapresiasi ajakan Pemerintah Kota Bogor dalam hal ini melalui Dekranasda yang telah mengajak dirinya beserta pelaku ukm lainnya un­tuk ikut serta meramaikan acara.

“Dengar-dengar sih mau diperpan­jang hingga bulan Juli, semoga saja me­mang benar kabar beritanya. Saya dan teman teman mengacungkan dua jem­pol untuk Pemerintah Kota Bogor dan Dekranasda atas rasa peduli kepada kami para pelaku UKM,” tukasnya.

Terpisah, Ibu Walikota Bogor Yane Ardian, terus memantau grafik perkembangan Bogor Fashion & Food Festival. Yane pun berharap para pelaku bisnis serta pelaku UKM bisa terus bergandeng tangan, karena menurutnya keberhasilan ekonomi berasal dari keselarasan kedua pelaku bis­nis tersebut. “Sudah semestinya pelaku UKM bisa bergandeng tangan dengan para pelaku bisnis agar tercipta harmonisasi ekonomi sehingga dapat mengangkat perekonomian kota bogor,“ ucap Yane.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

Bukan tanpa alasan Yane beserta jajarannya meresmikan acara festival tersebut, selain dalam rangka menyam­but Hari Jadi Bogor, juga sebagai ajang apresiasi bagi pelaku UKM agar lebih siap lagi bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), karena bagi dia sektor UKM yang akan menjadi pondasi kuat itu terbukti ketika badai ekonomi menghantam Indonesia hanya UKM yang mampu bertahan bahkan terus tumbuh.

“Ini kesempatan yang baik bagi para pelaku UKM untuk memamerkan se­tiap produk yang bisa bersaing dengan produk produk lain, peluang ini juga se­bagai jembatan memperkenalkan karya aseli warga Bogor yang tak kalah keren dari produk luar Negeri,” lewat pesan singkat kepada Bogor Today. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================