Untitled-4BOGOR TODAY – Perayaan HUT Jadi Bogor ke-534 yang akan berlangsung pada Ju­mat (3/6) mendatang, bakal diwarnai dengan terobosan baru yang datang dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bo­gor.

Gebrakan baru itu, berupa pelayanan pembuatan dan pembaharuan KTP yang akan difokuskan di enam keca­matan, dengan titik launch­ing pelayanan di Bogor Trade Mall (BTM).

Tentu, sambung dia, den­gan terobosan baru yang dike­luarkan Disdukcapil ini, akan menjadi kabar gembira bagi masyarakat Kota Bogor. Di­mana, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kan­tor Disdukcapil untuk men­gantri dan menunggu pem­buatan data kependudukan.

BACA JUGA :  Cemilan Lezat ala Rumahan, Ini Dia Resep Donat Panggang Oreo Kesukaan Anak

“Kami sesuaikan dengan prinsip reformasi birokrasi. Dimana pelayanan kepada masyarakat harus lebih dimu­dahkan dan tidak terbebani,” sebut Kepala seksi Dokumen­tasi Disdukcapil, Dadang Ku­saeri saat ditanya Pewarta ko­ran ini, kemarin.

Kata dia, seluruh pera­latan keperluan pembuatan E-KTP tengah didistribusikan ke enam kecamatan hari ini (kemarin, red). Mulai dari alat perekam untuk E-KTP sampai dokumen penunjang pembua­tan akte, KK dan sebagainya.

“Pada tanggal enam nan­ti, seluruh pelayanan sudah berlangsung di enam keca­matan,” ungkapnya.

Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat untuk ti­dak membuat administrasi kependudukan menggunakan jasa pihak ketiga alias calo. Karena pembuataan admin­istrasi kependudukan telah digratiskan.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Terakhir Bima Arya - Dedie Rachim, Sahkan 2 Perda

Terkecuali, adanya pelang­garan yang dilakukan ma­syarakat dalam pembuatan administrasi kependudukan. Semisal, terlambatnya pem­buatan akta kelahiran, yakni 60 hari setelah lahir, surat pindah domisili, yakni 30 hari sesudah pindah.

Bagi masyarakat yang men­galami keterlambatan itu, lan­jut dia, akan di denda sesuai dengan Peraturan Pemerintah Kota Bogor Nomor 16 tahun 2016 tentang penyelengga­raan administrasi kependudu­kan.

“Aturan ini dibuat agar ma­syarakat disiplin dan tertib administrasi,” tegasnya. (Pat­rick)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR