jokowinetahyu JAKARTA TODAY– Pemerin­tah Republik Indonesia (RI) menjadi negara Asia pertama yang mengonfirmasi kehadiran dalam Konferensi Perdamaian mengenai perdamaian Israel dan Palestina di Paris, Peran­cis, pada paruh kedua tahun ini.

“Dari Asia yang baru kon­firmasi itu Indonesia. Negara-negara yang diundang itu yang memiliki pengalaman banyak dan berperan besar dalam mengupayakan perdamaian antara Israel dan Palestina,” ujar juru bicar Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Baca Juga :  Bersaing dengan TikTok, Kini Instagram Perkuat Tenaga Ahli di London

Arrmanatha kemudian menjabarkan bahwa Indone­sia sudah melakukan berbagai upaya untuk perdamaian an­tara Israel dan Palestina, ter­masuk dengan melangsungkan Konferensi Organisasi Kerja Sama Islam pada Maret lalu.

Selain memberikan ban­tuan dana dan pembangunan, Indonesia juga menindaklan­juti hasil KTT OKI itu dengan mendirikan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Ramal­lah.

Baca Juga :  Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahri Tewas dalam Serangan Drone CIA AS

Indonesia juga aktif menyu­arakan kemerdekaan penuh bagi Palestina dalam forum-forum internasional lainnya, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa.