Untitled-8Warga Mesir dinilai banyakkalangan me­miliki hobi makan yang tinggi. Melihat tingginya hobi tersebut, perusahaan makanan asal Indonesia terus beru­paya melakukan ekspansi ke pasar negeri yang terkenal dengan pirami­da ini.

Animo para perusahaan tersebut tergambar dalam Pameran Dagang Supermarket Expo 2016 diseleng­garakan di Kairo, Mesir. Salah satu Pameran dagang terbesar di Benua Afrika ini berlangsung pada 2-5 Juni 2016. Acara ini dibuka secara resmi langsung oleh Menteri Perdagangan Dalam Negeri Mesir, Khaled Hanafi.

Dalam pameran ini, perusahaan Indonesia membuat stand khu­sus. Dan sebagai bentuk dukungan pemerintah, Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy pun ikut menghadiri pameran tersebut. Tidak hanya itu, Dubes Helmy melakukan

BACA JUGA :  Resep Membuat Sayur Gurih Nangka Muda, Dijamin Keluarga Nambah Terus

gunting pita sebagai bentuk peres­mian stand Indonesia.

Di sela pameran, Dubes Helmy mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini efektif mendorong promosi dan pemasaran produk Indonesia di pas­ar Mesir. Dengan populasi penduduk mencapai 90 juta jiwa, Mesir meru­pakan pasar potensial bagi perusa­haan makanan Indonesia.

«Food and beverages itu selalu mengikuti tingkat populasi suatu negara, jadi Mesir adalah kawasan strategis untuk memasarkan produk makanan kita, orang Mesir itu hobi makan,» urai Dubes Helmy di Kairo, Mesir, kemarin.

Dalam catatan Atase Perdagan­gan KBRI Kairo, Burman Rahman, ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada 2015 menempati urutan pertama dengan nilai Rp 552 miliar. Angka tersebut naik 18,97% jika dibanding­kan dengan ekspor komoditas sama di tahun 2014 yang mencapai Rp 464 miliar.

BACA JUGA :  Ini 5 Oleh-oleh Khas Bogor, Cocok Buat Dijadikan Cinderamata

Sedangkan untuk biskuit (HS Code 1905), nilai ekspor pada 2015 mencapai Rp 1,5 miliar atau naik 50% dari tahun sebelumnya yang berada pada nilai Rp 1 miliar. Secara umum, total impor Mesir untuk produk biskuit dari dunia pada 2015 menca­pai Rp 651 miliar atau naik 0,61% dari tahun 2014 yang berada pada angka Rp 647 miliar.

============================================================
============================================================
============================================================