Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah meng­koordinasikan genjatan senjata lokal selama 48 jam bersama otoritas Suriah dan Amerika Serikat “untuk mengamankan pengiriman bantuan kemanu­siaan untuk penduduk.”

Negosiator oposisi Suriah, Basma Kodmani, mengatakan bantuan untuk Daraya dan Moudamiya, wilayah lain yang terkepung, hanya sebagai lang­kah pertama sebagai hasil dari dorongan internasional kepada pemerintah Suriah, dan masih diperlukan perubahan sub­stansial. “Pelajaran pertama adalah dorongan dan ultima­tum adalah satu-satunya cara kami untuk dapat didengar oleh rezim,” kata Kodmani. “Kami tidak akan puas dengan satu konvoi seperti yang terjadi hari ini.” Beberapa truk berha­sil masuk di hari tenggat waktu yang diberikan oleh Grup Pen­dukung Suriah Internasional (ISSG) kepada pemerintah Su­riah untuk memberikan akses bantuan lewat darat, karena jika tidak, maka bantuan akan disalurkan lewat udara.

“Jika kami tidak melihat perubahan substansial, kami akan menunggu bantuan lewat udara yang menjadi tanda kes­eriusan dan komitmen dari ma­syarakat internasional,” kata Kodmani.

Phillip Hammond, men­teri luar negeri Inggris, men­gatakan pemerintah Suriah “mengizinkan bantuan terba­tas” masuk ke kedua daerah yang terkepung tetapi tidak memberikan akses luas kema­nusiaan yang diserukan ma­syarakat internasional.

“Sementara bantuan udara masih kompleks, mahal dan berisiko, itu adalah pilihan terakhir untuk meringankan penderitaan orang-orang yang berada di wilayah terkepung,” kata Hammond dalam sebuah pernyataan. “Negara-negara yang terpengaruh oleh rezim Assad seperti Rusia dan Iran harus memastikan bahwa oper­asi udara ini dapat dilanjutkan dengan cara yang aman.”

Bantuan ke Daraya terma­suk bantuan medis, vaksin, susu untuk bayi dan bantuan gizi, tapi tidak ada makanan.

Jakob Kern, direktur Pro­gram Pangan Dunia (WFP) di Suriah, mengatakan pemerin­tah tidak mengizinkan makanan masuk pada bantuan pertama, tapi konvoi lain berencana men­girimkan makanan pada Jumat (3/5) dan dia berharap pertem­puran dapat ditangguhkan lagi untuk memungkinkan bantuan masuk. (Yuska Apitya/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================