Untitled-9SUKARAJA, TODAY– Dana Desa (DD) yang berasal dari APBN sebesar Rp 664 juta yang diteriman Desa Sukatani, diklaim akan digunakan untuk pembangunan sejumlah infra­struktur. Mulai dari turap, jem­batan dan jalan.

Kepala Desa Sukatani, Ke­camatan Sukaraja, Suhendar mengatakan memiliki lima titik untuk pembangunan in­frastruktur. Dua diantaranya pembangunan turap di dua ti­tik dan sisanya jalan, jembatan, bak sampah dan pengadaan kereta pengangkut sampah.

“DD tahap pertama Rp 400 juta lebih yang telah diterima desa, seluruhnya sudah dialo­kasikan untuk pembangunan turap dua titik, jembatan, ja­lan, pembuatan bak sampah, dan pembelian kereta untuk pengangkut sampah,” katanya.

BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

Ia menjelaskan, pembangu­nan yang sudah berjalan saat ini, diantaranya pembangunan turap di Kampung Cibedug Girang RT 02/03, dengan ang­garan Rp 100 juta, pembuatan turap di Kampung Cibedug Pabuaran Usrik RT 01/04, Rp 165 juta, pembangunan jem­batan di Kampung Cibedug Girang RT 01/01, Rp 53 juta, betonisasi jalan lingkungan di Kampung Cibeduk Pabuaran Hilir RT 03/05 Rp15 juta, pem­buatan dua titik bak sampah, berikut pembelian gerobak sampah sebanyak 17 unit.

“Pekerjaan seluruhnya di serahkan kepada tukang. Akan tetapi fungsi pengawasan tetap dilakukan, mengingat bantuan DD ini sangat berbahaya, bagi kita khususnya yang meneri­ma dana bantuan tersebut,” terangnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Meski DD belum lama diteri­ma, kata Suhendar, pembangu­nan-pembangunan turap dan jembatan sudah mencapai 30 persen.

“Namun untuk betonisasi jalan dan pembuatan bak sam­pah sudah selesai, hanya saja gerobaknya yang belum ada, karena masih dalam pemesan­an dan itu kita harapkan dalam waktu dekat ini sudah bisa di­ambil dari tempat pemesanan­nya,” tukasnya.

“Pembuatan bak sampah di Rencana Anggaran Bangu­nan (RAB), supaya masyarakat lebih sadar akan kebersihan di lingkungan sekitar, sehingga kita buatkan bak sampah beri­kut gerobaknya,” pungkasnya. (Rishad Noviansyah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================