B5-06-062016-UKMMENCARI peluang usaha untuk dijalankan secara serius sejatinya tak selalu membutuhkan modal besar. Seperti kedua kakak beradik ini, diusia yang terbilang muda, keduanya bisa meraup keuntungan besar dengan modal awal yang terbilang minim.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Fenti Ferdianti dan Firda Puspitasari, sepasang kakak beradik ini kompak mengge­luti usaha yang diberi nama Nyunyu Micu. Nyunyu Micu ini men­jual replika makanan, boneka pen­gantin adat, boneka wisuda, gantun­gan kunci, dan souvenir lainnya dari bahan kain flanel.

Sejak tahun 2011, Firda Puspi­tasari atau yang akrab disapa Puput, menggeluti usaha ini berangkat dari ide kratif sang kakak Fenti yang ge­mar dan mahir membuat kerajinan. Jika menoleh kebelakang, Puput bercerita, awal modal untuk mem­buat kerajinan ini tak membutuhkan biaya banyak.

“Awalnya kami mulai membeli bahan sedikit demi sedikit dahulu, terhitung modal awal kami tak sam­pai lebih dari Rp 50 ribu sepertinya,” paparnya kepada BOGOR TODAY.

Nyunyu Micu sebelumnya hanya membuat sebuah gantungan kunci. Lambat laun, dengan kreatifitas yang dimiliki oleh keduanya, Nyu­nyu Micu terus membuat inovasi seperti membuat sendal berhias ke­pala kartun, boneka, hingga replika makanan.

Pembuatan Nyunyu Micu ini di­lakukan hanya berdua. Kedua kakak beradik berparas cantik ini sepakat untuk tidak menyerahkan usaha ini kepada orang lain. Dirinya men­gaku lebih senang dan puas jika bisa menghasilkan sebuah karya dari tan­gannya sendiri.