Untitled-16CATALUNYA– Valentino Rossi terlihat ber­jabat tangan dengan Marc Marquez usai balapan di GP Catalunya, Minggu (5/6/2016) malam WIB. Rossi yang keluar sebagai pemenang, menyalami Marquez saat kedua baru saja memarkir motornya.

Sebenarnya, The Doctor harus bersusah payah untuk menunjukkan tajinya di Negeri Matador. Pasalnya, ia memulai balap dari po­sisi liam dan empat rider di depannya meru­pakan pebalap tuan rumah.

Namun, hanya butuh enam lap bagi VR 46 untuk merangsek ke posisi terdepan, mes­ki sempat mendapat perlawanan sengit dari Marquez di putaran-putaran akhir. Namun, The Doctor memastikan kemenangannya di tikungan terakhir saat Marquez yang mem­buntutinya sempat melebar.

Setelah race, pemandangan menarik pun muncul. Ya, dua rider papan atas yang sejak musim lalu berseteru hebat ini, akhirnya ber­jabat tangan untuk pertama kalinya. Seperti diketahui, musim lalu Rossi menuding Mar­quez sengaja membantu tandem The Doctor di Tim Garpu Tala yang juga kompatriot Mar­quez, Jorge Lorenzo untuk jadi juara dunia.

Tali silaturahmi keduanya terputus, hubungan mereka kian hari kian dingin. Nah, jabat tangan Rossi dengan rider 23 tahun asal Spanyol itu tentu mengejutkan banyak pihak. Dan setelah balapan, Rossi akhirnya menjelaskan alasannya.

“Ketika hal-hal seperti ini (insiden ke­celakaan yang berujung kematian Luis Sa­lom) terjadi, sisanya menjadi tidak begitu penting lagi. Ya, berarti sangat kecil! Jadi, saya rasa ini merupakan hal yang tepat untuk dilakukan (bersalaman dan berbaikan den­gan Marquez),” ujar Rossi, seperti dimuat Crash, Senin (6/6/2016).

“Ini adalah olahraga yang hebat. Ini adalah passion kami, tapi ini juga olahraga yang berbahaya. Jadi saya rasa itu meru­pakan sikap yang normal, perasaan yang normal, dimana satu rider dengan rider lain saling mendukung,” jelasnya.