Untitled-29JAKARTA, TODAY- Balap sepeda berhasil mengantongi satu tiket Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Itu diperoleh setelah Indonesia menembus ranking 19 dunia di UCI Olympic Quli­fication Ranking pada nomor disiplin BMX.

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, mengaku senang balap sepeda akhirnya mendapatkan tiket Olimpi­ade. Terlebih BMX sebelumnya sempat dicoret dari program Satlak Prima karena dianggap sudah gagal lolos kualifikasi Olimpiade, bersama cabang kano juga equestrian.

Setelah dicoret, Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Se­luruh Indonesia (PB ISSI) tetap berupaya untuk meloloskan minimal salah satu atletnya yaitu Elga Kharisma Novanda dan Toni Syarifudin.

Berbagai cara dilakukan dari mengikutkan kedua atlet­nya di multievent internasional, hingga menggelar pelom­baan internasional guna mendongkrak poin atlet dan neg­ara.

“Hasil ini adalah sebagai proses yang telah kami lakukan bersama-sama. Tapi walau begitu, Elga Kharisma Novanda tetap punya peran besar dalam pengumpulan poin ini. Ter­masuk even-even C1 yg kita adakan di Indonesia waktu lalu,” kata Oktohari lewat pesan singkat pada Selasa (7/6/2016).