20160608_150627BOGOR TODAY – 3. 000 telur busuk berhasil diamankan Di­nas Perindustrian dan perda­gangan (Disperindag) Kota Bo­gor dalam operasi investigasi di Pasar Lawang Seketeng, Rabu (8/6/2016) dini hari. Telur tidak layak konsumsi bagi manusia ini, sudah beredar di Kota dan Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Perdagan­gan Disperindag Kota Bogor, Mangahit Sinaga mengungkap­kan, bila telur busuk tersebut didapati dari salah satu mobil pickup yang terparkir di seki­tar Pasar Lawang Seketeng. Petugas yang curiga lantaran bak belakang tertutup dengan plastik, kemudian meminta supir mobil tersebut untuk membukanya.

Benar saja, kecurigaan petu­gas pun terjawab. Mobil pickup berwarna hitam ini membawa telur busuk yang sudah direbus dan siap edar.

BACA JUGA :  H+1 Lebaran, Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat

Atas temuan itu, petugas pun menggiring supir dan kenek mobil tersebut ke Kan­tor Disperindag yang berlokasi di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal.

Dari keterangan keduanya, telur busuk tersebut diketahui milik Edo, warga Kabupaten Bogor yang berdomisili di Desa Cimande Jaya.

“Supir dan kenek mengaku bila mereka hanya kuli antar, lantaran Edo telah menyewa mobil pickup tersebut. Se­mentara Disperindag sudah berkoordinasi dengan Disper­indag Kabupaten dan pemilik telur busuk,” terang Mangahit kepada Pewarta Bogor Today.

Menurut pengakuan pemi­lik, kata Mangahit, telur busuk tersebut diedarkan ke sejumlah pasar yang berada di Kota dan Kabupaten Bogor. Ada kekha­watiran dari Disperindag, bila telur busuk itu telah beredar di masyarakat. Menginggat Edo telah cukup lama menjadi sup­plier telur.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Optimalkan ATCS Untuk Ciptakan Mudik Masyarakat Aman dan Nyaman

Untuk itu, Disperindag Kota Bogor merencanakan akan melakukan operasi pasar kem­bali pada salah satu tempat penggilingan bakso di Pasar Bogor pada dini hari ini (Kamis dini hari, red).

“Biasanya telur busuk itu di­manfaatkan sebagai makanan olahan, seperti bakso, pem­pek, nasi uduk, somay, cumi isi telur, dan berbagai makanan olahan lainnya,” sebutnya.

============================================================
============================================================
============================================================