IMG_20160608_153340BISNIS papan bunga dan kembang plastik yang diproduksi Alfi Florist milik Risdian dan Alfiah Ramdayani memang masih terbilang baru. Meski demikian, sepasang suami istri ini tetap optimis menekuni usaha kecil miliknya.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Putus kerja tak dijadikan alasan Risdian untuk ber­diam diri di rumah. Mengikuti kecintaan sang istri menekuni bisnis bunga, Risdian akhirnya ikut ter­jun mengelola bisnis tersebut.

“Awalnya istri saya yang terlebih dahulu usaha papan bunga di Cianjur, namun setelah saya memutuskan untuk berhenti bekerja kami berdua sepakat untuk membuka Alfi Florist di tempat ini,” terang Risdian kepada BOGOR TODAY, Rabu (8/6/2016).

Alfi Florist berlokasi di Jalan Raya Soleh Iskandar (dekat Toserba Yogya). Keduanya memutuskan untuk mendirikan kios tersebut pada Maret 2016. Kini di kios tersebut tidak han­ya menjual papan bunga saja, melainkan Risdian pun mulai menjual kembang plastik yang dibuat oleh tangannya send­iri. Membuat kerajinan bunga ini tentunya membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang tinggi.

“Setelah memutuskan terjun ke bisnis ini akhirnya saya mulai melirik kembang plastik. Saya autodidak membuat­nya, awalnya terlihat mudah, tapi ternyata cukup sulit juga merangkai dan membuatnya. Butuh sekitar satu minggu untuk bisa membuat pohon yang bagus,” pa­parnya.

Kembang plastik yang diproduksi Risdian me­manfaatkan ranting pohon jambu sebagai tang­kainya. Risdian mengaku penggunaan tangkai kayu membuat kembang plastik yang hasil­kan tampak lebih cantik dan tahan lama sehingga banyak diminati.