Alfi Florist menjual aneka kembang plastik dimulai den­gan kisaran harga Rp 30 ribu. Mahalnya harga bun­ga plastik menurut Risdian tergantung dengan uku­ran, tingkat kesulitan dan banyaknya kembang plastik. “Semua tergantung kerimbunan pohonnya. Jika ada yang mau memesan jenis kembang, ukuran, dan warna yang di­inginkan sesuai selera konsumen juga bisa,” tuturnya. Alfi juga menambahkan, untuk papan bunga, dirinya menawar­kan ukuran standar dengan ukuran 2×120 meter dikenakan Rp 700 ribu dan untuk standar bersar dengan ukuran 2×180 meter dibanderol harga Rp 950 ribu. “Harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman untuk wilayah Kota Bogor,” im­buh Alfi.

Perihal modal awal untuk mendirikan kios Alfi Florist, Risdian mengaku mengeluarkan dana hingga Rp 5 juta. Dana tersebut disebut Risdian untuk menyewa tempat kios beserta alat dan bahan untuk membuat kerangka bunga.

“Jika untuk omzet belum terlihat, karena kan memang kami mendirikannya juga baru beberapa bulan. Setidaknya kami saat ini terus mencoba dan berusaha. Tapi sejauh ini Alhamdulillah, ada saja rezeki dan konsumen yang datang membeli,” terangnya.

Alfi menambahkan, setiap mendirikan usaha send­iri sudah sewajarnya memiliki kesabaran dan keteku­nan yang tinggi, terutama dalam bisnis bunga.

“Untuk berbisnis terutama bunga seperti ini me­mang harus sabar, apalagi saingan juga banyak. Pernah saya juga merasakan selama 2 bulan ti­dak ada panglaris sama sekali, tapi namanya sudah hobi akhirnya tidak menjadi ma­salah. Penting jika ingin membuka usa­ha itu berkaitan dengan hobi, jika tidak hobi pasti sudah diting­galkan begitu saja,” ungkap Alfi.

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================