Rahmad Darmawan juga mantan pelatih timnas Indonesia. Bisa dipastikan kedua kandidat ini akan bersaing dengan ketat kare­na masing-masing mempunyai program unggulan. Selain kedua pelatih tersebut, informasi yang berkembang juga ada nama Indra Sjafri yang juga menjadi kandidat.

Namun, Indra Sjafri memilih untuk mundur menjadi calon pelatih timnas, dengan alasan berkonsentrasi untuk melatih Bali United.

Dilain pihak, waktu persia­pan timnas U-19 untuk tampil di Piala AFF U-19 pada bulan Sep­tember mendatang hanya meny­isakan tiga bulan. Namun hingga kini PSSI belum menunjuk siapa pelatih yang akan menangani Skuat Garuda Muda.

PSSI sebelumnya telah me­milih Fachri Husaini sebagai pelatih timnas U-19. Akan tetapi, Fachri memutuskan untuk me­nolak tawaran tersebut.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

PSSI kemudian menunjuk Sutan Harhara untuk menduduki jabatan tersebut. Dia menjadi satu-satunya kandidat terkuat. Tapi, baru-baru ini, Sutan mener­ima tawaran melatih Persela Lamongan.

Anggota Tim Panelis PSSI, Emral Abus, hingga ini belum mengambil keputusan apapun terkait kandidat pelatih timnas U-19. Tapi, menurutnya, kandidat pelatih tersebut harus berkomit­men penuh dan fokus menan­gani timnas U-19.

“Menurut saya, seorang pelatih timnas U-19 harus fokus. Waktunya untuk menyiapkan tim sangat mepet dan persiapan­nya harus matang. Tapi, kami belum tahu seperti apa. Kami ha­rus bicarakan situasi ini dengan anggota Komite Eksekutif PSSI dulu,” ujar Emral saat dihubungi wartawan.

Pria yang dikenal sebagai instruktur pelatih Indonesia itu mengatakan, sempat muncul be­berapa nama lain, di antaranya Jafri Sastra, Widodo C. Putro, Eduard Tjong, Jan Saragih, dan Rudy Eka Priyambada.

BACA JUGA :  Hasil Pertandingan Thomas Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia vs India 4-1

Namun, dari daftar nama tersebut, sebagian dari mereka tak bisa menerima tawaran melatih timnas U-19 karena harus fokus dengan klubnya masing-masing. “Soal Jafri dan Widodo, kami su­dah dapat konfirmasi bahwa ked­uanya ingin fokus ke klub. Edu baru saja kami hubungi dan be­lum ada jawaban,” tutur Emral. “Terkait Rudy serta Jan, namanya harus didaftarkan dulu ke PSSI. Rudy memang selama ini kami ketahui sudah mengantongi lisen­si kepelatihan kategori A. Tapi, se­tahu saya namanya belum terdaf­tar di PSSI,” pungkasnya. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================