Untitled-2JAKARTA, TODAY—Sebentar lagi daging im­por dari Australia bakal membanjiri asar-pasar di Indonesia. Jumat (10/6/2016) kemarin, se­jumlah menteri menggelar rapat koordinasi lanjutan dari rapat koordinasi distribusi pan­gan yang dilakukan di Kementerian Pertanian, selama empat jam mulai puku Selama kurang

lebih 4 jam, mulai dari jam 13.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Rapat maraton ini mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan saat ini, hingga ke depan­nya. Rapat kedua siang tadi dihad­iri antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perin­dustrian Saleh Husin dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Pukul 14.45 WIB, Menteri Koperasi dan UKM meninggalkan gedung A Ke­menterian Pertanian lebih awal.

Dari rapat yang berlangsung sekitar 4 jam ini, ditemukan ha­sil kesepakatan yang bertujuan menstabilkan harga pangan dalam jangka pendek dan jangka pan­jang. Jangka pendek adalah, akan dilakukan Operasi Pasar (OP) besar-besaran yang didukung oleh pelaku usaha Industri Minyak Goreng, Daging Sapi, dan Daging Ayam. Sementara itu, untuk solusi jangka panjang, Kementerian Pertanian akan membangun toko tani yang bekerja sama dengan koperasi se-Jabodetabek. “Kita sepakat produ­sen ayam dan minyak goreng akan menjual dengan harga yang baik. Kemudian kita teruskan ke kopera­si-koperasi se-Jabodetabek kurang lebih 20.000 koperasi Se-Jabodeta­bek. Yang menarik khususnya dag­ing, dari feedloter langsung ke ko­perasi dan ini tidak pernah terjadi,” kata Amran usai rapat koordinasi, Jumat (10/06/16).

BACA JUGA :  Kejar Target Penurunan Stunting, Kota Bogor Daerah Pertama Dikunjungi Presiden

Sementara itu, Saleh Husin men­gatakan, ke depan akan melakukan kerja sama dengan produsen/pelaku usaha lainnya guna menstabilkan harga pangan. “Tepung terigu dan produk-produk lainnya di bulan Ra­madhan dan selanjutnya. Ini kita akan lakukan secara terus-menerus dengan tetap memperhatikan sisi pelaku usa­ha, distribusi atau koperasi dan yang mata rantai kita perpendek sehingga dari produsen sampai konsumen ma­suk dengan harga yang sangat wajar,” katanya di lokasi yang sama.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun di Tapanuli Utara, Fortuner Tabrak Bus dan Motor

Harga pangan yang diren­canakan turun ini akan dimulai dengan Operasi Pasar di dua lo­kasi pada hari Minggu mendatang (12/6/2016). Dua pasar tersebut adalah Pasar Cipete dan Pasar Minggu yang berlokasi di Jakarta Selatan. Amran menjanjikan harga untuk tiga komoditas tadi akan jauh lebih baik dari harga hari ini. “Yang jelas harganya jauh lebih baik dari hari ini,” timpal Amran.

Pangkas Rantai Distribusi

======================================
======================================
======================================