Untitled-22PARA pengembang makin agresif menggarap kawasan BSD City, S erpong . Banyak pengembang apartemen membidik daerah ini sebagai kawasan potens ial meraup keberuntungan bi snis. Banyak yang memprediksi bahwa pengembangan ekonomi masih mengarah ke kawasan barat Jakarta dan sekitarnya.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Bicara investasi, termasuk di sek­tor properti ka­wasan ini tak bisa disepelekan. Sejumlah pengamat mempre­diksi bahwa kesiapan akses tol baru di kawasan tersebut bakal mengatrol harga lahan kawasan yang dilintasinya hingga sekitar 5 persen hing­ga 6 persen. Adapun pintu tolnya didesain berada di BSD City 1 (AEON Mall), BSD City 2 (kawasan industri), BSD City 3 (perumahan), Legok, Citra­raya, dan Balaraja.

Tahun ini, berdasarkan catatan Kompas.com, harga lahan di Serpong, khususnya BSD City, berada pada level Rp 12 juta hingga Rp 13 juta per meter persegi untuk pe­rumahan. Sementara untuk bangunan komersial Rp 18 juta hingga Rp 20 juta per meter persegi.

“Itu sudah otomatis, kalau infrastruktur sudah lengkap, permintaan properti baik residensial atau komersial pasti melesat. Untuk aparte­men apalagi, makin dekat ka­wasan komersial sudah pasti harga terus naik,” ujar Ratdi Gunawan, Konsultan Pema­saran ‘B Residence’.

Ratdi menambahkan bah­wa permintaan apartemen eksklusif di BSD City saat ini masih tinggi, terutama den­gan adanya pengembangan di sekitar kawasan AEON mal. Sekarang ini semakin banyak proyek apartemen dan per­kantoran mewah berdiri ber­dampingan di kawasan itu.