Untitled-12CIBINONG, TODAY– Ke­inginan Polres Bogor untuk naik status menjadi Polres Kota Cibinong, mendapat angin segar. Pasalnya, se­gala persiapan dan per­sayaratan sudah mumpuni. Kini, Polres Bogor pun hanya perlu melakukan be­berapa pembenahan dan menunggu instruksi dari Mabes Polri.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Men­PAN-RB), Yuddy Chris­nandi saat melakukan sa­fari ramadan, akhir pekan lalu di Kabupaten Bogor. Yuddy mengungkapkan, usulan secara lisan, telah disampaikan ke Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Usulan secara resmi memang belum diterima Kapolri. Tapi, secara lisan sudah. Kalau usu­lan bisa diberikan segera, peningkatan juga bisa segera dilakukan. Tinggal bagaimana Mabes Polri saja mengusulkan kepada Kapolri,” kata Yuddy.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Command Center 

Persayaratan yang su­dah dinilai layak, kata Yuddy, meliputi luas wilayah, kompleksitas, kesiapan operasional dan dukungan dari pemerin­tah daerah. Menurutnya, peningkatan status juga harus diikuti dengan sa­rana yang memadai.

“Ya, seperti ruangan pelayanan publik. Seperti ruang pengambilan tilang yang terbilang sempit di Polres Bogor. Ke depan­nya, ruang pelayanan publik seperti pembuatan SIM, SKCK dan SPKT ha­rus dibenahi lagi supaya tidak ruwet,” tukasnya.

Bupati Bogor, Nurhay­anti pun mendukung penuh peningkatan status Polres Bogor itu. Yanti pun mengaku telah memiliki rencana untuk membantu renovasi gedung Polres Bogor. “Karena Polres Bo­gor, Kodim maupun Kejak­saan masuk dalam peny­elenggaraan pemerintah daerah,” kata dia.

BACA JUGA :  Masjid Agung Al Isra Kota Bogor jadi Pusat Ekonomi, Sosial dan Peradaban

Menurutnya, Pemkab Bogor telah mengaloka­sikan dana untuk hibah renovasi gedung Polres Bogor. “Desainnya sedang disusun. Mungkin 2017 nanti sudah selesai,” ce­tusnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ru­handi mengaku telah me­nyampaikan usulan lang­sung ke Jenderal Badrodin Haiti untuk peningkatan tipologi Polres Bogor. “Saya sudah sampaikan ke Bapak Kapolri, karena Ka­bupaten Bogor ini terlalu luas,” tegasnya.

Menurut pria yang akrab disapa Jaro Ade itu, Kapolri merespon dan memaha­mi kondisi wilayah Bumi Tegar Beriman. Nanti, kata dia, Kodim 0621 juga akan ditingkatkan statusnya me­lihat banyak objek vital di Kabupaten Bogor. (Rishad Noviansyah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================