Untitled-19RICKY ISKANDAR
[email protected]

Baru kali ini Tim Bogor Hejo urung mena­nam pohon di masjid lantaran hujan deras. Namun demikian, ada penjelasan menarik menga­pa masjid-masjid harus dihijau­kan dengan pohon-pohon?

Di Indonesia sendiri cukup banyak masjid yang sangat indah lantaran memiliki taman hijau yang luas dan tertata rapi. Mas­jid-masjid ini perlu ditampilkan agar masyarakat Bogor Raya yang berada di wilayah sangat subur lebih bersemangat membangun taman di pekarangan masjid.

Selama ini banyak halaman masjid di Bogor dibiarkan tan­dus dan gersang. Padahal ma­sih terdapat area terbuka hijau yang cukup luas dan bisa dita­nami. ‘’Masyarakat kita masih kurang begitu peduli terhadap kenyamanan pekarangan rumah ibadah seperti masjid. Padahal, pohon yang rindang di halaman masjid sangat penting agar ling­kungannya terlihat indah dan tampak nyaman,’’ kata Syamsud­did, warga masyarakat yang san­gat cinta masjid hijau.

Baca Juga :  Dinkes dan Dinsos di Jabar Banten Evaluasi dan Monitoring Layanan Kesehatan Jiwa di Bogor

Mungkin masyarakat Bogor perlu melihat beberapa masjid yang memiliki lanskap indah seperti Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Al-Markaz Al- Islam Makassar, Masjid Agung Tuban, Masjid An-Nur Pekan­baru, Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid At-Tin Jakarta, Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri De­pok, Masjid Rahmatan Lil-Alamin Indramayu, dan di Kota Bogor mungkin yang masih cukup hijau Masjid Raya Jalan Pajajaran, dan Masjid At-Ta’awun Puncak, Kabu­paten Bogor.

Baca Juga :  Puluhan Mantan Karyawan Eks PDJT Datangi Kantor Disnaker

Beberapa mesjid terse­but, menurut Ketua Gerakan BogorHejo-Bogor Today Alfian Mujani, selain sangat indah juga merefleksikan keindahan dan ke­damaian. ‘’Karena itu, selama bu­lan Ramadhan ini Gerakan Bogor Hejo kita fokus lakukan penana­man di masjid-masjid agar mas­jid-masjid di Bogor terasa lebih sejuk dengan banyak pohon. Ya minimal setiap masjid memiliki koleksi pohon buah-buahan di halamannya,’’ katanya.

Bagi Halaman