0801Hidung yang terus mengeluarkan cairan tidak selalu berarti gejala flu. Jika cairan yang dikeluarkan hidung seperti air, encer dan terus-menerus, bisa merupakan rhinorrhoea.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Rhinorrhoea bukanlah penyakit spesifik, tapi ini merupakan kumpulan gangguan pada hid­ung.

Ada dua tipe gangguan yang dapat menyebabkan hidung terus menge­luarkan air. Pertama, karena adanya alergi dan infeksi kronik yang dipicu oleh respon inflamasi dibagian hid­ung.

Ini artinya ada suplai darah yang meningkat pada lapisan hidung dan peningkatan cairan di sel-sel pengha­sil mukus atau ingus. Kondisi tersebut bisa dicegah dengan penggunaan obat semprot antiinflamasi.

BACA JUGA :  5 Penyebab Kena Diare Setelah Lebaran

Tipe kedua adalah rhinitis kronik. Ini terjadi karena adanya kerusakan sistem saraf yang mengontrol pem­buluh darah di hidung. Tentu saja ini dapat memicu lendir, baik kental atau­pun cair.

Rhinintis alergi juga memiliki geja­la lain berupa hidung terasa tersum­bat, gatal, atau bersin-bersin. Pe­nyakit ini bisa dialami oleh mereka yang punya riwayat alergi dalam keluarganya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Minuman Pereda Asam Lambung yang Bisa Dicoba di Rumah

Diskusikan dengan dokter un­tuk menentukan pengobatan yang tepat. Biasanya diobati dengan obat semprot hid­ung yang bisa mengurangi produksi lendir berlebihan.

Menjaga kebersihan ru­angan juga perlu dilakukan untuk mengurangi pa­paran debu pencetus alergi. Mengganti sperai dan me­nyedot debu di sofa dan karpet juga sebaiknya rutin dilaku­kan.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================