Amerika Serikat dan Eropa mencabut sejumlah sanksi terhadap Teheran pada Januari di bawah kese­pakatan yang menahan pro­gram nuklir Iran. Namun, beberapa pembatasan tetap diberlakukan, termasuk se­jumlah transaksi keuangan, yang memperlambat hara­pan Iran untuk berintegrasi dengan pasar dunia.

Khamenei mencatat bah­wa sanksi kepada Iran be­lum sepenuhnya diangkat, masalah dengan sejumlah bank Iran belum terselesai­kan, dan bahwa uang Iran yang ditahan di negara lain juga belum dikembalikan. “Kesepakatan nuklir memi­liki celah yang, jika berhasil ditutup, akan mengurangi kelemahannya,” katanya.

“Beberapa orang berpikir bahwa kita bisa bergaul den­gan orang-orang Amerika dan memecahkan masalah ini, ini adalah ide yang salah dan hanya khayalan,” ujarnya.

Pemimpin Tertinggi Iran itu juga mengatakan negara­nya telah memenuhi kewa­jiban dengan menghentikan pengayaan uranium sebesar 20 persen dan menghenti­kan fasilitas nuklir di For­dow dan Arak.

Sebelumnya, menteri luar negeri Iran, Moham­mad Javad Zarif, mende­sak Amerika Serikat untuk berbuat lebih banyak guna mendorong sejumlah bank berbisnis dengan Iran.(Yus­ka Apitya/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================