tim-nasional-inggris-euro-2016-ist-709LENS– Inggris keluar sebagai pemenang dalam derby Britania Raya di Euro 2016 kontra Wales, Kamis (16/6/2016) malam WIB. Gol Daniel Sturridge pada masa injury time memastikan poin penuh diraih skuad arahan Roy Hodgson dengan kemenangan 2-1.

Di babak pertama, Wales unggul lebih dulu lewat tendan­gan bebas Gareth Bale di menit ke-32 sebelum disamakan pe­main pengganti Jamie Vardy di menit ke-56 sebelum pemain pengganti lainnya, Daniel Stur­ridge jadi aktor kunci kemenan­gan The Union Jack.

Hodgson melakukan per­gantian ganda di awal babak kedua. Kane dan Sterling yang tak optimal pada babak per­tama, digantikan Jamie Vardy dan Daniel Sturridge. Sturridge mendapatkan peluang pertama di menit 52. Sial, sepakan jarak jauhnya masih melayang jauh di atas mistar.

Pada menit ke-56, Sturridge mampu mengirim umpan sialng dari sisi kiri kotak penalti Wales, yang salah diantisipasi Ashley Williams. Vardy yang berdiri be­bas di muka gawang bisa mence­ploskan bola ke gawang. Skor imbang 1-1.

Gol kedua Inggris lahir usai Dele Alli meruntuhkan pertah­anan Wales dengan kecepatan­nya hingga kemudian mengir­imkan bola kepada Sturridge yang langsung menyambar sola di sisi kotak penalti lawan den­gan tembakan kencang yang mengarah ke pojok kiri gawang. 2-1 untuk Inggris.

BACA JUGA :  KURANG ELOK PRAMUKA BERUBAH DARI EKSKUL WAJIB JADI PILIHAN

Bale nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tandukan­nya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang. Tak lama berse­lang, wasit langsung mengakh­iri pertandingam. Skor pun tak berubah 2-1 untuk keunggulan Inggris. Saat ini Inggris mengambil alih puncak klasemen Grup B dari Wales. Mereka mengum­pulkan empat poin hasil satu kali imbang dan sekali menang.

Slovakia Kalahkan Rusia

Slovakia menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2016 usai mengalahkan Rusia 2-1 di Stade Pierre Mauroy, Lille Metropole, Selasa (15/6/2016) malam WIB.

Laga berjalan tidak mudah bagi Slovakia karena mereka kalah penguasaan bola. Alhasil, mereka pun lebih banyak men­gandalkan serangan balik. Meski begitu, Slovakia lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Pada menit ke-32, mer­eka memecahkan kebuntuan lewat gol Vladimir Weiss.

Gol Weiss itu tak lepas dari kecerdikan Hamsik. Hamsik yang menguasai bola di be­lakang garis tengah melepaskan umpan panjang ke arah Weiss. Weiss lantas memaksimalkan­nya setelah mengecoh dua bek lawan.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Pada menit-menit akhir babak pertama, Hamsik mem­bawa Slovakia unggul 2-0 lewat sebuah gol cantik. Usai menerima operan dari Weiss, dia melepaskan tem­bakan keras ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau kiper Igor Akinfeev. Slovakia akhirnya menang 2-1 pada laga tersebut. Rusia cuma mampu membalas sekali melalui gol Denis Glushakov pada menit ke-80.

“Marek Hamsik sudah san­gat lama bermain bagus untuk Slovakia. Dia adalah salah satu pemimpin tim ini bersama Martin Skrtel,” puji pelatih Slovakia, Jan Kozak, di situs resmi UEFA.

“Performa dia hari ini luar biasa. Dia banyak membantu pertahanan dan mencetak se­buah gol indah yang sangat berperan dalam kemenangan kami,” kata Kozak.

Hamsik sejauh ini telah tampil pada 89 pertandingan bersama Slovakia. Dia sudah menyumbangkan 19 gol untuk negaranya.

“Pada gol saya, Vladimir Weiss melihat saya dan mem­beri assist. Saya lihat saya sendirian dan oleh karena itu saya berusaha mencetak gol,” tutur Hamsik.

“Kami berharap bisa melaju di turnamen ini. Jadi, kita lihat saja apa yang terjadi besok anta­ra Inggris dan Wales,” katanya. (Rishad/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================