tim-nasional-inggris-euro-2016-ist-709LENS– Inggris keluar sebagai pemenang dalam derby Britania Raya di Euro 2016 kontra Wales, Kamis (16/6/2016) malam WIB. Gol Daniel Sturridge pada masa injury time memastikan poin penuh diraih skuad arahan Roy Hodgson dengan kemenangan 2-1.

Di babak pertama, Wales unggul lebih dulu lewat tendan­gan bebas Gareth Bale di menit ke-32 sebelum disamakan pe­main pengganti Jamie Vardy di menit ke-56 sebelum pemain pengganti lainnya, Daniel Stur­ridge jadi aktor kunci kemenan­gan The Union Jack.

Hodgson melakukan per­gantian ganda di awal babak kedua. Kane dan Sterling yang tak optimal pada babak per­tama, digantikan Jamie Vardy dan Daniel Sturridge. Sturridge mendapatkan peluang pertama di menit 52. Sial, sepakan jarak jauhnya masih melayang jauh di atas mistar.

Pada menit ke-56, Sturridge mampu mengirim umpan sialng dari sisi kiri kotak penalti Wales, yang salah diantisipasi Ashley Williams. Vardy yang berdiri be­bas di muka gawang bisa mence­ploskan bola ke gawang. Skor imbang 1-1.

Gol kedua Inggris lahir usai Dele Alli meruntuhkan pertah­anan Wales dengan kecepatan­nya hingga kemudian mengir­imkan bola kepada Sturridge yang langsung menyambar sola di sisi kotak penalti lawan den­gan tembakan kencang yang mengarah ke pojok kiri gawang. 2-1 untuk Inggris.

Bale nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tandukan­nya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang. Tak lama berse­lang, wasit langsung mengakh­iri pertandingam. Skor pun tak berubah 2-1 untuk keunggulan Inggris. Saat ini Inggris mengambil alih puncak klasemen Grup B dari Wales. Mereka mengum­pulkan empat poin hasil satu kali imbang dan sekali menang.

Slovakia Kalahkan Rusia

Slovakia menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2016 usai mengalahkan Rusia 2-1 di Stade Pierre Mauroy, Lille Metropole, Selasa (15/6/2016) malam WIB.