31611_10_penyebab_rambut_beruban_secara_prematur_2Ketika Anda melihat ada untai rambut berwarna keperakan, pasti sulit untuk tidak merasa panik. Apalagi, jika Anda merasa belum waktunya Anda beruban.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Warna rambut dipengaruhi oleh melanin, pigmen yang sama yang me­nentukan warna kulit dan warna mata Anda. Dengan berjalannya usia, rambut Anda mulai kehilangan melanin, menurut American Academy of Dermatology. Akhirnya rambut berubah warna menjadi abu-abu perak, atau putih, kata Angela Lamb, M.D., dokter kulit di The Mount Sinai Hos­pital.

Stres bisa mempercepat proses ini. Stres juga diketahui dapat memicu kerontokan rambut. Ada penelitian yang menunjukkan, bahwa stres dapat benar-benar mengubah warna rambut Anda. Dan tentu saja, hal ini tidak terjadi dalam semalam. Perubahan warna rambut adalah proses bertahap.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

Jennifer Lin, seorang dokter kulit yang melakukan penelitian biologi molekuler di Dana-Farber, Harvard Cancer Center, di Boston, menjelas­kan, “Ada bukti bahwa ekspresi lokal dari hormon stres memediasi sinyal yang menginstruksikan melanosit untuk mengantar melanin ke kerati­nosit. Jika sinyal yang terganggu, melanin tidak akan dapat memberi­kan pigmen pada rambut Anda.”

Untuk sebagian besar kasus, penyebab uban dini adalah faktor genetik. Namun, faktor-faktor lain juga ber­peran. Misalnya, merokok dan gaya hidup yang penuh tekanan.

“Genetika memainkan peran terbesar dalam berubahnya warna rambut Anda di usia dini,” kata Lamb. Bahkan, para ilmuwan telah mengidentifikasi gen yang bertang­gung jawab untuk munculnya rambut abu-abu di kepala Anda, yaitu IRF4. Mungkin, suatu hari, gen ini juga akan memegang peran kunci untuk mencegahnya.

BACA JUGA :  Ternyata Durian Tak Hanya Enak tapi Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Simak Ini

“Merokok dan stres tentu dapat ber­dampak rambut tapi sejauh pengaruh­nya, kami juga belum tahu, “ kata Lamb lagi.

Jadi, bagaimana agar tak tumbuh uban dini di kepala? Anda tak bisa mengendalikan faktor gentik warisan dari orang tua Anda. Ada orang yang karena faktor ini, sudah beruban se­jak sebelum usia 30. Ada juga orang yang baru beruban setelah usianya benar-benar senior.

Yang Anda bisa lakukan adalah mengendalikan gaya hidup Anda, yaitu jauhi rokok dan mengelola stres dengan baik agar itu tak memengaruhi melanin.

Sehingga, tidak dite­mukan rambut perak di antara helai-helai rambut hitam Anda sebelum waktunya tiba.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================

2 KOMENTAR

  1. Stress menjadi salah satu penyebab penyakit lainnya, Terimakasih banyak. ijin bantu share juga dampak dampak buruk radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, terutama dampak buruk jangka pendek, salah satunya adalah stress, bisa di cek disini http://www.indonesu.co.id/blog
    biar makin banyak masyarakat kita yang sadar akan dampak buruk radiasi, sehingga lebih bijak dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digitalnya.
    salam sehat selalu.