Untitled-1Seorang pengemis terjaring razia Dinas Sosial Kabupaten Kotawar­ingin Timur, Kalimantan Tengah beberapa hari lalu. Dari hasil pemerik­saan, pengemis bernama Arif Komady ini ternyata punya mobil sedan BMW, kartu ATM dan kartu kredit.

“Ada pengemis yang setelah diperiksa ternyata memiliki mobil sedan, kartu ATM dan kartu kredit. Selain itu juga ada beberapa pengemis lainnya yang terjaring,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bima Ekawardhana di Sampit, kemarin.

Baca Juga :  Diiming-Iming Menonton Televisi, Pria di Sumsel Cabuli Dua Bocah di Rumahnya

Pengemis itu mengaku berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Se­latan. Kepada petugas,

Arif mengaku datang ke Sampit, ibukota Kotawaringin Timur, bersama istri dan anaknya untuk mengemis. Arif memang menderita ca­cat fisik sehingga banyak yang iba kepadanya.

Mengendarai mobil sedan BMW-nya, Arif mengaku dalam sebulan terakhir sudah menge­mis di beberapa kota seperti Kapuas, Palangka Raya, Kasongan, Kereng Pangi, dan Sampit. Ia mengaku mengendarai sendiri mobilnya untuk bertualang mengemis di beberapa kota.

Baca Juga :  Kebakaran Menghanguskan Satu Rumah di Aceh Timur

Menurut Bima, razia digelar karena banyak laporan masyarakat yang merasa resah dengan makin banyaknya gelandangan dan pengemis di Sampit. Sebagian besar memang berasal dari luar Kotawaringin Timur.

Bima mengimbau masyarakat tidak me­manjakan pengemis dan gelandangan dengan memberi mereka sumbangan. Menurutnya, masih banyak cara untuk menyalurkan se­dekah yakni melalui lembaga-lembaga sosial resmi yang dapat dipertanggungjawabkan ser­ta tepat sasaran.