Untitled-9HARI Raya Idul Fitri 2016 masih dua pekan lagi. Namun, Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor telah menyiapkan sejumlah terminal sebagai titik keberangatan mudik, seperti Terminal Cileungsi.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Kabid Terminal pada DLLAJ, Dudi Rukmayadi men­jelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk men­unjang arus mudik lebaran 2016. Menurutnya, tahun ini pemudik diprediksi menurun karena banyak perusahaan yang memberangkatkan pega­wainya secara khusus.

“Semua fasilitas kita siapkan di setiap terminal, seperti mushola, tempat duduk, tem­pat cas HP dan yang lainnya. Kita juga telah berkoordinasi dengan keamanan untuk men­jaga terminal agar tetap aman,” kata Dudi, Jumat (17/6/2016).

Menurutnya, di Kabupaten Bogor, titik arus mudik hanya akan terjadi di Terminal Cile­ungsi, karena terminal lain­nya di Bumi Tegar Beriman tak banyak melayani keberang­katan penumpang Antar kota Antar Provinsi (AKAP).

BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

“Kalau untuk Terminal Cibinong dan Leuwiliang, ke­banyakan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Ada juga yang AKAP. Tapi hanya di sekitaran Jawa Barat. Seperti Jakarta dan Bante,” jelas Dudi.

Untuk pemberangkatan para pemudik menurut Dudi diperkirakan hanya terjadi di terminal Cileungsi saja, karena menurutnya bebera­pa terminal di Kabupaten Bogor hanya sedikit yang melayani penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). “Kalau untuk terminal lainn­ya seperti Cibinong dan Leu­wiliang kebanyakan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), adapun yang AKP tetapi yang disekitaran Jawabarat, seperti Jakarta dan Banten,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam lebaran nanti, petugas DLLAJ akan mengawal proses mudik, bahkan sejumlah pejabat di DLLAJ akan bersiaga hingga hari raya nanti. “Itu sudah ara­han langsung dari pak menteri agar pegawai DLLAJ ikut men­gawal masyarakat yang akan mudik,” paparnya.

BACA JUGA :  Bima Arya Cerita Kisah Perjalanan 10 Tahun Menata Kota Bogor

Sementara itu, Kasi Ang­kutan DLLAJ Kabupaten Bo­gor, Joko Handrianto menje­laskan, sudah menyediakan 300 armada untuk melay­ani masyarakat yang akan mudik dan menurutnya jika itu belum mencukupi, DL­LAJ telah menyiapkan bus pariwisata.

“Memang jumlah armada bus saat ini berkurang, karena sejumlah perusahaan sudah membookingnya untuk mudik para karyawan, namun kita pun sudah diapkan bus-bus ca­dangannya,” kata dia.

Joko menilai, sejumlah ter­minal di Kabupaten Bogor akan menjadi terminal tujuan, karena ada banyak masyarakat Kabupaten Bogor yang bekerja diluar daerah dan di hari idul fitri ini banyak masyarakat yang datang dari luar kota. “Wilayah Kabupaten Bogor ini menjadi wilayah lintasan, sep­erti yang di Ciawi, karena bus dari Bandung selalu singgah di Ciawi,” jelasnya.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================