Untitled-14NICE– Spanyol kian dekat untuk meraih gelar juara Piala Eropa ketiga secara beruntun, usai me­mastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2016 Prancis. La Furia Roja menghancurkan Turki 3-0 pada laga kedua Grup D di Stadion Al­lianz Riviera, Jumat (17/6/2016) malam WIB.

Pada laga pembuka, Spanyol mengatasi perlawanan Republik Ceko, 1-0. Melawan Turki, tren positif dijaga La Furia Roja seka­ligus menjaga gawang David De Gea tetap tanpa kebobolan.

Meladeni dominasi Spanyol dengan permainan cepat, per­lahan celah di pertahanan Truki kian terbuka. Setelah mendapat­kan sejumlah peluang, Spanyol membuka keunggulan pada me­nit ke-34.

Umpan silang Nolito dis­ambar sundulan terarah Alvaro Morata ke sudut yang sulit dijan­gkau kiper Volkan Babacan.

Tiga menit kemudian, Nolito menggandakan keunggulan Spa­nyol saat Mehmet Topal yang berupaya menghalau umpan Cesc Fabregas, malah mencip­takan bola liar di depan gawang. Nolito yang telah mencium kes­empatan itu tanpa ampun lang­sung melepaskan tembakan ke sudut gawang.

Spanyol kian nyaman dalam memeragakan umpan satu-dua sentuhan ciri khas mereka ber­kat keunggulan dua gol tersebut. Apalagi, baru tiga menit babak kedua berjalan, Morata menam­bah keunggulan mereka.

BACA JUGA :  Sedang Perbaiki Rem, Sopir Truk di Semarang Tewas usai Terlindas Kendaraan Sendiri

Diawali umpan terobosan An­dres Iniesta, Jordi Alba merang­sek masuk kotak penalti Turki dari sayap kiri. Tanpa pengawa­lan berarti, Alba memberikan umpan ke arah Morata yang telah menunggu. Gol ketiga pun bersa­rang di dalam gawang Babacan.

Striker Turki, Burak Yilmaz sebenarnya memperoleh pelu­ang emas untuk mencetak gol balasan. Namun, tendangan kaki kirinya tanpa arah meski sudah berhasil mengecoh Sergio Ra­mos. Hingga akhir pertandingan Turki tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran ke arah gawang De Gea.

Kekalahan ini menghemp­askan Turki ke dasar klasemen Grup D dengan nol poin dari dua pertandingan. Laga terakhir melawan Ceko wajib dimenang­kan jika ingin berharap melaju ke babak gugur.

Gelandang Spanyol, Cesc Fabregas menilai peran penting yang diemban pelatih Vicente del Bosque untuk mengeluar­kan kemampuan terbaik para pemain Spanyol di sepanjang gelaran Euro 2016.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Palembang, Mobil Innova Tabrak 3 Motor

“Pelatih menghadirkan rasa aman dan tenang. Anda selalu bermain di lapangan sesuai tugas, tetapi dia memberikan kami ke­bebasan di lapangan. Hal tersebut sangat penting, terutama untuk para pemain dengan skill tinggi seperti di tim ini. Ya, Del Bosque adalah kuncinya,” ujar usai laga.

“Perasaan saya positif. Be­berapa pemain tua sudah pergi, dan kini pemain muda berkon­tribusi banyak. Ada rasa kes­atuan yang begitu kentara, itu artinya kami bisa bermain den­gan penuh percaya diri,” imbuh gelandang Chelsea itu.

Fabregas juga menyanjung sikap kapten Spanyol, Iker Casil­las, yang bersedia berperan se­bagai kiper kedua di Euro 2016 setelah Del Bosque lebih memil­ih David De Gea.

“Dia adalah orang yang dicin­tai siapa pun, bukan hanya karena apa yang telah ia lakukan sebe­lumnya tetapi juga karena prib­adinya. Penting bagi kami untuk melihat seorang kapten dan leg­enda sepakbola Spanyol bersedia untuk menerima perannya. Kami sangat gembira dengannya,” kata Fabregas. (Rishad/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================