Di antara amanah yang wajib kita jaga di antaranya yaitu ilmu. Ilmu merupakan hal yang sangat penting dalam hidup manusia. Dengan ilmu kita tahu jalan kebaikan, dengan ilmu pula hidup menjadi mudah. Untuk menjaganya yaitu dengan menga­malkan dan mengajarkannya kepada orang lain.

Kemudian harta. Harta adalah bekal untuk menjaga keberlangsun­gan hidup kita. Cara menjaganya yaitu dengan menggunakannya pada jalan kebaikan, tidak bersikap tabzir atau menghambur-hamburkannya, membayar zakat serta memperban­yak sedekah.

BACA JUGA :  Kementrian PUPR Buka Formasi Seleksi CPNS 2024 Setelah Lebaran! Ini Dia Syarat dan Tanggal Pendaftarannya

Pekerjaan juga amanah. Peker­jaan sebagai sarana bagi kita untuk mendapatkan rezeki dari Allah swt. Cara menjaganya amanah ini ialah bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab­nya. Misalnya sebagai pegawai tidak korupsi waktu, sebagai pejabat tidak menyalahi wewenang, sebagai peda­gang tidak mengurangi timbangan dan sebagainya.

BACA JUGA :  Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Kemudian, keluarga yakni istri dan anak. Keduanya merupakan amanah yang harus benar-benar di­jaga yaitu dengan mencukupi kebutu­han-kebutuhan mereka dengan harta yang halal dan mendidik mereka agar menjadi manusia yang taat kepada Al­lah swt dan jauh dari keburukan. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================