Untitled-3MANUSIA diciptakan Allah swt di atas muka bumi ini menerima tu­gas yang berupa ama­nah. Dimana amanah ini sebelumnya telah ditawarkan oleh Allah kepada langit, bumi dan gunung, tapi mer­eka semua menolaknya karena tak sanggup un­tuk memikulnya.

Hal ini sebagaima­na digambarkan di dalam alquran, firman Allah: ‘Kami telah ta­warkan amanah itu kepada langit, bumi dan gunung, tetapi mereka enggan memikulnya dan takut daripadanya. Sedangkan manusia mau memikulnya. Sesungguhnya manusia itu sangat aniaya dan bodoh.’ (QS. Al-Ahzab : 72)

Baca Juga :  Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Cianjur-Cipanas Dibuka Siang Ini

Ibu Katsiir menyatakan bahwa amanah ialah taklif pembebanan hu­kum, undang-undang serta peraturan pelaksanaannya, dan menerima be­ban itu dengan jalan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan den­gan segala konsekuensinya. Jika dilak­sanakan beban itu, diberi pahala dan ganjaran, sebaliknya jika ia ditinggal­kan, akan berdosa dan disiksa.

Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Jadi amanah adalah kewajiban atau beban yang diberikan Allah swt. kepada manusia untuk menjalankan­nya dan akan diberikan pahala jika mengerjakannya serta akan diazab jika meninggalkannya.