Sadari juga bagaimana kurang tidur bisa turunkan konsentrasi dan daya ingat. Sta­bilitas emosi juga sangat dipen­garuhi oleh kekurangan tidur. Pa­dahal, ketenangan dan kedamaian hati sangat diperlukan dalam kerja tim.

Selain beribadah, ketika jam istira­hat makan siang, manfaatkan juga untuk power nap. Power nap adalah tidur siang sekitar 15-20 menit untuk mendapatkan kemba­li produktivitas kita. Ketika bangun, kita sudah mendapatkan segala manfaat tidur. Seolah telah di-recharge, kita pun dapat kembali bekerja dengan produktif.

Kekurangan tidur juga telah diketahui dapat meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan menurunkan daya tahan tubuh. Sayangnya, un­tuk tingkatkan daya tahan tubuh, penambahan vitamin tanpa memperbaiki pola tidur akan sama saja akibatnya. Untuk mempertahankan kebugaran dan daya tahan tubuh, tak ada jalan lain selain memperhatikan kesehatan tidur.

BACA JUGA :  Simak Ini! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Memperpendek Usia

Momok kesehatan lainnya adalah gastro-esophageal reflux disease, di mana makanan bisa tertarik keluar lagi setelah dimakan. Pada pendengkur dengan sleep apnea ini sering terjadi saat tidur setelah sahur.

Sleep apnea atau henti nafas saat tidur ditandai dengan mendengkur. Saluran napas penderitanya tersum­bat hingga walau ada gerakan napas, udara tak ada yang dapat lewat. Seolah tercekik. Masalahnya ger­akan napas yang terus menyedot ini malah dapat menarik isi saluran makanan. Akibatnya, isi makanan dapat tersedot keluar saat tidur.

BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

Selain refleks, sleep apnea juga se­babkan kantuk yang berlebihan. Wa­lau tidur sudah cu­kup, pend­eritanya tetap mengantuk. Ini sangat berba­haya jika meng­endara. Pendeng­kur di beberapa negara Eropa dila­rang untuk men­gendara.

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================