tugu-kujangBOGOR TODAY- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor beren­cana mendesain kembali Tugu Kujang yang menjadi simbol Kota Bogor dengan memanfaatkan ruang yang ti­dak terpakai pasca-kebijakan sistem satu arah (SSA), yakni memperluas area plaza di seputaran Tugu.

Wakil Walikota Bogor Us­mar Hariman mengatakan rekayasa lalu lintas terkait rencana ini akan dikaji oleh Dinas Lalu Lintas dan Angku­tan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor dan langsung akan dibuatkan peta dasarnya.

Baca Juga :  Tiga Tahun Sarana SDN Pasir Eurih Rusak, Pemkab Bogor Cuek

“Badan jalan yang kini su­dah tidak berfungsi, akan kita manfaatkan untuk perluasan Plaza Kujang. Kalau perlua­sannya strategis tidak menu­tup kemungkinan bahwa un­tuk meninggikan Tugu Kujang bisa dilakukan,” kata Usmar, Jumat (24/6/2016).

Baca Juga :  Polisi Selidiki Tanaman Biji Koka di Kebun Raya Bogor

Usmar menambahkan, dengan luasan sekarang, Tugu Kujang sendiri memiliki ket­inggian sekitar 20 meter. “Ka­lau secara kasat mata saya sur­vei itu penambahannya bisa dua sampai tiga kali luas yang sekarang. Artinya, masyarakat memiliki ikon yang fenomenal seimbang dengan kekuatan bangunan sekitarnya,” tam­bahnya.