Untitled-3MENJADI penghuni surga adalah keingi­nan terbesar bagi orang-orang beri­man, sebab tidak ada lagi tempat di akhirat yang disediakan Allah swt. yang dipenuhi berbagai kenikmatan selain surga. Disamp­ing surga, Allah swt. menciptakan neraka yang dipenuhi di dalamnya dengan seg­ala kesengsaraan dan siksaan bagi setiap penghuninya.

Ada doa yang senantiasa banyak di­baca oleh orang-orang beriman khususnya di setiap malam bulan Ramadhan biasan­ya ketika telah selesai mengerjakan salat taraweh dan witir, yang artinya ‘Ya Allah, aku meminta kepadamu rida-Mu dan sur­ga, dan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu dan neraka.’

Dalam sebuah riwayat, sebagaimana disebutkan dalam kitab Durratun Nasi­hin, bahwa Rasulullah bersabda : ‘Surga itu rindu kepada empat kelompok manusia yaitu orang yang gemar membaca Alquran orang yang menjaga lisan, orang yang memberi makanan kepada yang lapar, dan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.’

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, Pelajar SMA di Brebes Tewas usai Terlindas Dump Truk

Berdasarkan hadis di atas, bahwa surga merindukan orang-orang yang mengerjakan perbuatan seperti mem­baca alquran, memelihara lisan, memberi sedekah, dan puasa di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan ini, semua keempat perbuatan tersebut sedang dijalankan oleh orang-orang beriman. Dan semua perbuatan tersebut pun saling berkaitan dan tak terpisahkan.

Semua kebaikan yang diperintahkan Al­lah swt kepada kita jika dikerjakan dengan ikhlas dan sesuai tuntunan-Nya, niscaya akan mendapat pahala dan surga. Allah berfirman : ‘Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah Sebaik-baik makhluk. Bal­asan di sisi Tuhan mereka ialah surga Adn, yang mengalir di bawahnya sungai – sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya Allah rido kepada mereka dan mereka pun rido kepada-Nya, yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tu­hannya. ‘ (QS. Al-Bayyinah:7-8)

BACA JUGA :  Mulai Hari Ini, Hery Antasari Resmi Jadi Pj Wali Kota Bogor

Tidak terasa, saat ini sudah berada di fase terakhir yakni sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Marilah kita lebih giat lagi beribadah kepada Allah, dengan mem­perbanyak ibadah dan beritikaf di mas­jid. Dengan kesungguhan beribadah di sepuluh terakhir Ramadhan, semoga ini akan menghantarkan kita termasuk orang-orang yang dirindukan oleh surga seperti dijelaskan pada hadis di atas.

Wallahu a’lam.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================