Toyota-Vios-Exclusive-Edition-front-right-three-quarter-at-2016-BIMSPasar sedan di dalam negeri yang tidak semeriah Multi- Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV), tak menyurutkan Toyota untuk memproduksi Vios.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Malahan setiap bulan Toyota mengirimkan ribuan unit Vios ke man­canegara. Dari total volume produksi Vios, sebanyak 15% diserap pasar domestik sedangkan selebihnya yai­tu 85% diekspor ke 13 negara di dunia.

“Ekspor Vios adalah bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi untuk memenangkan kompetisi yang semakin kompetitif di era perdagangan be­bas ini. Namun kita harus terus menerus bekerja keras menjaga daya saing, seperti memperkuat kedalaman industri otomotif dan kualitas sum­ber daya manusia, agar tetap dapat berkom­petisi dan dipercaya sebagai basis produksi dan ekspor Vios,” ungkap Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Vios mulai diproduksi di dalam neg­eri sejak bulan Desember 2013. Fasilitas produksi TMMIN Karawang 2 di kawasan industri Karawang International Indus­trial City (KIIC), Jawa Barat adalah lokasi manufaktur model sedan yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri 60% ini.

============================================================
============================================================
============================================================