Untitled-14GLENDALE– Laga turnamen sepakbola selevel Copa America Centenario 2016, masih terdapat kesalahan fatal. Jelang pertandin­gan Meksiko kontra Uruguay, pani­tia pelaksana salah memutar lagu kebangsaan untuk Uruguay, malah lagu kebangsaan Chile yang berge­ma di Stadion Phoenix, Glendale, Senin (6/6/2016) pagi WIB.

Akibat kekeliruan itu sejum­lah pemain Uruguay terlihat ke­bingungan. Luis Suarez, yang tak main karena cedera, pun terlihat bergumam kebingungan di tepi la­pangan. Juga ada koor “boo” dari penonton.

Bukan tidak mungkin pula in­siden salah pasang lagu itu berim­bas negatif ke moral pemain Uru­guay, yang sudah kebobolan akibat gol bunuh diri di menit-menit awal sampai akhirnya kalah 1-3 dari Me­ksiko.

Seperti dilansir ESPN FC, pi­hak penyelenggara Copa America Centenario sendiri pada prosesnya mengajukan permintaan maaf ter­tulis atas insiden salah pasang lagu tersebut.

“Dalam seremoni sebelum per­tandingan malam ini kami secara keliru memainkan lagu kebangsaan akibat kesalahan manusia. Kami minta maaf sedalam-dalamnya pada federasi sepakbola Uruguay, timnas Uruguay, orang-orang Uru­guay, dan suporter atas kesalahan tersebut. Kami akan bekerja den­gan seluruh pihak terkait untuk memastikan kesalahan serupa tak terulang,” sebut pernyataan itu.

Kekalahan Tek Terhindarkan

Meksiko mengawali laga terse­but dengan menjanjikan. Di me­nit ke-4 Alvaro Pereira mengirim bola ke dalam gawangnya sendiri dan membuat Uruguay keting­galan 0-1. Tepat sebelum turun minum, Uruguay kehilangan pemain akibat kartu merah. Matias Vecino menerima kar­tu kuning kedua akibat dinilai wasit sudah melanggar pemain lawan dengan keras.

Keunggulan jumlah pemain tak langsung bisa dimaksimal­

kan Meksiko. Pertandingan justru jadi 10 vs 10 di menit ke-73 usai Jose Guardado di­kartu merah akibat menerima kartu kuning kedua. Semenit setelah itu Uruguay berhasil menyamakan kedudukan. Tendangan bebas Carlos Sanchez mengarah ke kotak penalti, dengan Diego Godin melanjutkan lewat tandukan keras. Skor 1-1.

Pun begitu, di menit ke-85 Meksiko kembali memimpin. Menyusul sebuah sepak po­jok Rafael Marquez berhasil menjebol gawang Uruguay. Ke­menangan Meksiko kemudian dimantapkan oleh gol Hector Herrera lewat sebuah serangan balik cepat.

Di partai lain Grup C yang dihelat sebelumnya, gol Josef Martinez di menit ke-15 me­mastikan kemenangan Venezu­ela atas Jamaika yang tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-24 di Soldier Field, Chicago.

Hasil-hasil tersebut mem­buat Meksiko kini memuncaki klasemen grup dengan 3 poin, setara dengan raihan Venezu­ela yang kalah dalam selisih gol. Jamaika dan Uruguay ada di dua tangga terbawah tanpa poin. (Rishad/Net)