pns-mudaJAKARTA TODAY– Informasi dibukanya seleksi penerimaan CNPS tahun 2016 kembali bere­dar di sosial media. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai rencana penerimaan dan seleksi CPNS.

“Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai ren­cana dan jadwal seleksi CPNS sep­erti yang marak beredar di sosial media,” ujar Karo Hukum, Komu­nikasi dan Informasi Publik Kemen­terian PANRB Herman Suryatman seperti dikutip dari situs resmi Ke­menpan RB, Selasa (12/7/2016/2016).

Maraknya informasi terkait di­bukanya seleksi penerimaan CNPS tahun 2016 yang banyak beredar me­lalui media sosial, telah menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, teru­tama yang ingin melamar menjadi PNS. Padahal, tidak semua informasi itu benar. Karena itu masyarakat diim­bau untuk selalu waspada dan dapat menyeleksi setiap informasi yang ma­suk. «Jangan mudah percaya dengan berita yang tidak jelas asal-usulnya,» tegas Herman.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Beredarnya informasi penerimaan CPNS di tahun 2016 melalui portal-portal tidak resmi sebenarnya sudah berulang kali terjadi. Bukan musta­hil hal itu sengaja diembuskan oleh pihak-pihak tertentu yang bermaksud mengambil keuntungan pribadi. Diin­gatkan, sudah banyak kasus penipuan yang berawal dari informasi-informasi menyesatkan yang beredar di media-media tidak resmi.

“Jangan tergoda dengan info-info menyesatkan, yang mungkin berasal dari pihak-pihak yang bermaksud mengambil keuntungan pribadi,» lan­jut Herman.

Diingatkan juga bahwa banyak ok­num yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kementerian PANRB atas dibukanya penerimaan CPNS tahun 2016. Diingatkan, selain info yang beredar bukan dari web res­mi PANRB, itu hanyalah berita hoax.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Bangkalan, Truk Tabrakan dengan Motor Ditumpangi Satu Keluarga

Sampai saat ini, lanjut Herman, pemerintah masih memberlakukan moratorium penerimaan CPNS. “In­formasi bisa datang dari mana saja. Tetapi pemberitaan yang tidak jelas atau kabar burung tersebut, jangan ditelan mentah-mentah. Apalagi den­gan mencantumkan jadwal tes CPNS, sudah jelas tidak benar,” ujarnya.

Dikatakan, semua informasi terkait penerimaan CPNS dan pemberitahuan lainnya akan dipublikasikan melalui website resmi Kementerian PANRB, yai­tu http://www.menpan.go.id/. «Pan­tau terus web Menpan, karena setiap informasi resmi dikeluarkan dari situs resmi tersebut,» tegas Herman.

Kementerian PANRB juga mem­berikan fasilitas untuk mengajukan berbagai pertanyaan maupun lapo­ran pengaduan terkait kebenaran informasi tersebut melalui alamat email [email protected]. Masyarakat juga dapat datang lang­sung ke Kantor Kementerian PANRB Jl. Jend Sudirman Kav. 69, Jakarta Se­latan.(Yuska Apitya Aji)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================