jambiindependent_com_67_anak-sekolahBOGOR TODAY- Hari per­tama sekolah bagi siswa baru akan terasa berbeda pada ta­hun ini. Pasalnya, pemerintah melalui Kementrian Pendidi­kan dan Kebudayaan (Mendik­bud) mengeluarkan regulasi baru. Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran Mendik­bud nomor 4 tahun 2016 ten­tang Hari Pertama Sekolah mewajibkan agar para orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama, yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016.

Dalam dokumen surat eda­ran yang ditandatangani Anies pada (11/7/2016) lalu dan bere­dar Rabu (13/7/2016), Anies mengimbau aparatur sipil daerah dan instansi swasta untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama serta memberi dispensasi bagi kary­awan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah hari per­tama.

BACA JUGA :  Mahkota Binokasih dan Artefak Perjalanan Islam Dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor

Di Kota Bogor, Kepala Dinas Pendidikan Edgar Suratman mengaku telah mendapati surat edaran itu. Bahkan, ja­jarannya telah melakukan tembusan ke sekolah-sekolah untuk mentaati aturan yang diberlakukan Mendikbud itu.

“Sudah saya terima dan sudah ditembuskan ke selu­ruh sekolah negeri dan swasta pada semua tingkatan yang ada,” kata Edgar kepada BO­GOR TODAY, kemarin.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Menurut Edgar, aturan yang diberlakukan Mendikbud itu, akan menjadi momentum dalam mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah. Dimana diantara keduanya, akan terjalin komit­men bersama dalam menga­wal pendidikan anak selama setahun ke depan.

Selain itu, sambung dia, kampanye ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedu­lian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pen­didikan di sekolah.

“Melalui sinergitas orang tua murid dan sekolah akan tercipta generasi penerus bangsa yang berdaya saing dan berakhlak,” sebutnya.

============================================================
============================================================
============================================================