Obat-Infeksi-Saluran-Kencing-Pada-Ibu-HamilSelain balita, ibu hamil juga mendapat perhatian khusus dalam pencegahan malaria. Sebab, ketika ibu terinfeksi malaria, janin pun bisa kena dampaknya. Malaria, jenis penyakit yang berhubungan dengan penyebaran melalui hewan yaitu nyamuk masih menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia. Bahkan di Indonesia tingginya angka kesakitan dan kematiaan pada usia produktif masih terbilang tinggi. Penyakit ini dapat menyerang dan menjadi ancaman yang berbahaya bagi ibu hamil.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Di beberapa daerah di In­donesia kesadaran akan pentingnya pencegahan malaria masih relatif rendah. Padahal korban yang dise­babkan oleh malaria cukup banyak bahkan hingga pada ibu hamil. Ini disebabkan karena jenis parasit yang dapat menumpang pada tu­buh ibu hamil yang dapat sangat membahayakan yaitu jenis plas­modium falsiparum.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Bahaya malaria dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil meski­pun tingkat bahaya pada ibu hamil akan semakin meningkat dikarena­kan pada ibu hamil seringkali men­galami perubahan secara fisiologi, perubahan hormon bahkan peruba­han-perubahan pada jumlah cairan tubuh.Faktor faktor tersebut yang dapat menambah resiko pada ibu hamil yang sedang di derita bahkan dapat menyerang anda dan janin.

Kondisi yang membuat semakin berat ketika pada trimester perta­ma dan kedua dikarenakan bagian yang disenangi parasit malaria yaitu plasenta dimana menjadi salah satu sumber pertumbuhan janin yaitu makanan janin. Bahkan bagian kosong akan dipenuhi oleh parasit parasit malaria sehingga parasit ini akan mengganggu sal­uran makanan janin sehingga saluran makan janin menjadi mengecil dan juga rusak sebagian. Akibatnya jatah makanan menuju janin akan terbagi dan terganggu berimbas pada perkembangan janin menjadi terhambat.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

“Kalau ibu hamil kena malaria, biasanya akan ada gangguan sebe­lum anak lahir berupa keguguran atau abortus. Bisa juga kecacatan saat lahir. Yang ditakutkan kan ad­anya kecacatan yang merupakan pengaruh dari aliran darah ibu yang terinfeksi, terus masuk ke plasenta. Seperti zika saja, yang kita ditakut­kan kan mikrosefali. Pada malaria, yang ditakutkan yaitu adanya gang­guan perkembangan, pertumbu­han, sampai gangguan mental,” “ kata Dirjen Pencegahan dan Pen­gendalian Penyakit Kemenkes RI dr H Mohamad Subuh, MPPM.

============================================================
============================================================
============================================================