IMG-20160717-WA0011ALFIAN MUJANI
[email protected]

Gerakan pena­naman pohon yang dilakukan Paguyuban Bu­diasi kian me­luas. Setelah melakukan penghijauan di berbagai area dengan mengandeng banyak instansi, kini paguyuban be­sutan Mayjen TNI Doni Mo­nardo (Pangdam Patimura) ini melakukan penanaman pohon di seluruh bandar udara Angkasa Pura 1 (AP 1).

‘’Sudah ada beberapa bandara di bawah Angkasa Pura 1 yang kita tanami. Nanti besok tanggal 19 Juli, kami akan melakukan survei beberapa bandara untuk di­tanami,’’ kata Peltu Wayan Budi Sutomo, pengelola Pa­guyuban Budiasi yang ber­markas di Kebun Bibit Kadu Manggu, Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (17/7/2016).

Jenis pohon yang ditanam di area hijau Bandara Ang­kasa Pura 1 ini disesuaikan dengan kebutuhan bandara setempat. Begitu juga jum­lahnya. ‘’Pihak pengelola bandara minta kepada kita jenis dan jumlah pohon yang akan ditanam. Bibit tersebut kita kirim dari Kebun Pem­bibitan Paguyuban Budiasi Sentul,’’ katanya.

Wayan menjelaskan, penghijauan di kawasan ban­dara AP 1 sangat penting un­tuk mengurangi hawa panas dan membuat kawasan ter­buka bandara menjadi asri dan hijau. ‘’Giat penanaman pohon di bandara ini bisa kami selenggarakan atas du­kungan penuh dari Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Su­lityo Wimbo Hardjito,’’ kata Wayan, ‘’Pak Wimbo memiliki komitmen yang kuat terhadap gerakan penanaman pohon di negeri ini,’’ tambah Wayan.

BACA JUGA :  Modus Sembuhkan Kesurupan, Guru Silat di Sampang Cabuli Muridnya

Beberapa Bandara AP 1 yang sudah ditanami pohon oleh Paguyuban Budiasi anta­ra lain Bandara Juanda Sura­baya, Ngurahrai Denpasar, Sepinggan Balikpapan, Ban­dara Lombok. ‘’Nanti khu­sus Bandara Ngurahrai akan kita tanami lagi, karena area terbuka hijau yang belum di­tanami pohon masih sangat luas,’’ kata Wayan.

Menurut Wayan, gerakan penanaman pohon yang di­lakukan Paguyuban Budiasi akan terus diperluas hingga lapisan masyarakat terbawah dan generasi tunas bangsa seperti di sekolah-sekolah. Karena itu, Paguyuban Bu­diasi sangat mendukung penuh Gerakan Bogor Hejo dari surat kabar Bogor Today. ‘’Di tingkat sekolah mulai TK hinga SMA, Paguyuban Budi­asi akan lebih memfokuskan pada gerakan edukasi, yaitu pengenalan secara dini an­eka ragam jenis pohon, cara menanam, dan cara memeli­haranya,’’ kata Wayan.

Seperti diketahui, salah satu penyumbang pohon terbesar Gerakan Bogor Hejo-Bogor Today adalah Pa­guyuban Budiasi. Pada tah­an awal enam bulan silam, Bogor Hejo mendapat ban­tuan 3000 bibit pohon buah-buahan dan pohon lindung. Pada tahap kedua, akhir Mei 2016, Bogor Hejo kembali mendapat sumbangan pohon dari Paguyuban Budiasi yakni 3000 bibit pohon buah-bua­han. Namun baru diambil 500 bibit pohon. ‘’Jika masih kurang, silakan ambil lagi bibit pohonnya ke Kebun Bibit Paguyuban Budiasi,’’ katanya.

BACA JUGA :  Tukang Kasur Keliling di Sampang Cabuli Bocah 6 Tahun hingga Trauma

Sebagai pelaksanaan dari sinergi dengan Bogor Hejo, pihak Paguyuban Budiasi akan ikut langsung dalam kegiatan penanaman pohon dan edukasi pohon di sekolah-sekolah yang menjadi target penghijauan dari Tim Bogor Hejo. ‘’Nanti kami minta jadwal kegiatan tanam pohon di sekolah-sekolah, supaya kami bisa ikut serta memberi­kan edukasi kepada anak-anak sekolah,’’ kata Wayan.

Selain dari Paguyuban Budiasih, gerakan mena­nam pohon setiap hari Bo­gor Hejo ini juga mendapat sukungan bibit pohon dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor, ter­utama untuk kegiatan pena­naman pohon buah-buahan di sekolah-sekolah. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================