lupusDARI sekian banyaknya jenis penyakit autoimun, beberapa penyakit autoimun di bawah ini merupakan yang sering sekali ditemui.

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis alias radang sendi adalah penyakit autoimun yang sering ditemui. Sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi yang menyerang pelapis sendi. Akibat dari serangan an­tibodi semacam ini adalah peradangan, pembengkakan, dan nyeri.

Jika tidak diobati, penyakit ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada sendi. Untuk mencegahnya mem­buruk, penderita rheumatid arthri­tis biasanya akan diberikan obat oral atau suntik yang berfungsi mengurangi agresivitas sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

Lupus

Penyakit autoimun yang sering kita dengar lainnya adalah systemic lupus erythematosus atau biasa kita sebut dengan lupus saja. Penyakit ini menye­babkan seseorang mengembangkan anti­bodi yang justru menyerang hampir ke seluruh jaringan tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang paling sering diserang adalah sendi, paru-paru, ginjal, dan jaringan saraf. Untuk mengo­bati lupus, dokter biasanya memberikan obat steroid minum untuk menurunkan fungsi imun.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Diabetes tipe-1

Penyakit ini biasanya akan terdiagno­sis sejak usia kanak-kanak atau dewasa awal. Penyakit Diabetes tipe-1 disebab­kan oleh serangan sistem kekebalan tu­buh pada sel-sel di pankreas yang memi­liki tugas memproduksi insulin.

============================================================
============================================================
============================================================