Untitled-4BOGOR, TODAY—Ribuan warga Kota Bogor pagi kemarin mengi­kuti Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016. Kegiatan itu digelar untuk mengingatkan kepedulian ma­syarakat akan lingkungan. Keg­iatan itu digelar di area Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Minggu (31/7/2016).

Turut hadir Menteri Lingkun­gan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya Bakar, Walikota Bogor Dr Bima Arya, dan Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto. Ri­buan masyarakat Bogor tampak antusias melakukan aksi “Beber­sih Bogor” itu. Mereka berbon­dong memungut sampah, mema­sang dan memperbanyak tong sampah di area publik, hingga melakukan penanaman pohon dan membuat biopori.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Sambal Teri Cabe Hijau yang Mantul

“Saya berharap langkah ini jadi langkah yang terus ber­langsung sebagai penanganan kepedulian lingkungan untuk menangani grand issuepencema­ran lingkungan,” ucap Menteri

LHK Siti Nurbaya, Minggu (31/7/2016).

“Langkah operasi bersih plastik ini harus diikuti oleh beberapa kota, dan akan lebih baik jika seluruh ma­syarakat kota mau ada kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara penggagas Aksi Hijau Nusantara 2016, Bambang Hendroyo­no yang juga Ketua Himpunan Alumni IPB mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengadvokasi masyarakat agar menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. “AHN (Aksi Hijau Nusan­tara) merupakan program kerja sama Kementerian Kehutanan dan Lingkun­gan Hidup, Pemda Kota Bogor dan Himpunan Alumni IPB yang bertujuan mengajak masyarakat untuk mener­apkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah melalui gerakan Reduce-Reuse-Recycle,” ujar Bam­bang Hendroyono.

BACA JUGA :  Cara Membuat Sayur Ketupat Betawi Pepaya Muda Anti Gagal

Selain kegiatan Bebersih Bogor aksi pungut sampah plastik dan aksi menanam pohon, ada pula AHN Expo yang menampilkan berbagai produkhandmade daur ulang dari sampah plastik dan kaleng hasil karya ibu-ibu PKK dari sekitar Bogor. Se­lain itu, kegiatan Aksi Hijau Nasional itu juga diramaikan Artis Lingkungan Hidup, Nugie.

============================================================
============================================================
============================================================