PDAMBOGOR TODAY – Banyaknya kebocoran pipa penyaluran air dan tidak lancarnya pasokan air PDAM Tirta Pakuan dibe­berapa wilayah Kota Bogor membuat perusahaan plat merah ini mempercepat pengerjaan tiga proyek yang sudah diren­canakan.

Ketiga proyek itu, antara lain, peng­gantian jalur pipa penyaluran air yang su­dah tua, pengoperasian reservoir Merde­ka dan merampungkan proyek SPAM Katulampa.

Pjs. Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Pakuan, Deni Surya Sanjaya menjelaskan, banyaknya kebocoran pipa disebabkan pola pemakaian yang berubah paska bulan Rama­dhan.

Beban kejut tekanan pada pipa, kata Deni membuat pipa bisa bocor, disamping itu, kondisi topografi lahan di Kota Bogor miring berdam­pak tekanan itu menjadi cu­kup besar.

BACA JUGA :  Masjid Agung Al Isra Kota Bogor jadi Pusat Ekonomi, Sosial dan Peradaban

“Hal ini membuat banyak terjadi kebocoran pada pipa pendistribusian air. Kalau ke­bocorannya normal, ini bisa tertangani, namun dengan jum­lah kebocoran cukup banyak, sedangkan kemampuan personil tidak cukup, sehingga penanganan­nya diatur dengan jumlah personel yang ada,” jelas Deni, Rabu (3/8/2016).

Menurutnya, kebocoran pipa itu bisa mencapai 3 sampai 5 titik dalam sehari dengan lokasi kebocoran terpaut ber­jauhan, normalnya berdasarkan laporan maksimal 2 titik dalam sehari. Hal itu juga yang membuat penanganan menjadi cu­kup lama. Untuk itu, guna mempercepat penanganan pihak PDAM akan merekrut tenaga tambahan di internal.

“Kebanyakan yang bocor itu pipa-pipa AC seperti di Jalan Sudirman, Jalan Ah­mad Yani, wilayah Kelurahan Panaragan termasuk wilayah Kelurahan Babakan. Pipa ini dibangun tahun 1974 dan sudah saatnya harus diganti dengan pipa baru,” tambahnya.

BACA JUGA :  Muscam Serentak DPD KNPI Kota Bogor, Bima Arya Berbagi Cerita Jadi Wali Kota

Untuk tahap pertama pipa, Deni men­gatakan, sudah diganti sepanjang 35 ki­lometer dari 140 kilometer, dengan dana bantuan world Bank dan bantuan dari provinsi baru di­ganti pipa sepan­jang 15 kilometer.

“Ada 90 kilometer yang masih harus diganti, karena itu dalam waktu dekat akan dilakukan pengadaan barang. Se­lain itu, akan dioperasikan reservoir Jalan Merdeka dengan progres penambahan pipa saluran untuk diarahkan ke wilayah Tanah Sareal,” kata Deni.

============================================================
============================================================
============================================================