Berdasarkan HBA itu selanjutnya dihitung harga patokan batubara (HPB) yang dipenga­ruhi oleh nilai kalor batubara, kandungan air, kandungan sulfur, dan kandungan abu.

Terdapat delapan merek dagang utama ba­tubara yang menjadi penanda HPB pada Agus­tus 2016 nilainya masing-masing 62,42 dolar AS per ton untuk Gunung Bayan I , Prima Coal 63,97 dolar AS per ton, Pinang 6150 nilainya 57,8 dolar AS per ton, Indominco IM_East 47,95 dolar AS per ton, Melawan Coal 47,6 dolar AS per ton, Enviro Coal 45,45 dolar AS per ton, Jorong J-1 36,57 dolar AS per ton, dan Ecocoal 33,64 dolar AS per ton.

BACA JUGA :  Rumah Warga Sukabumi Terbakar usai Tersambar Petir saat Hujan Deras

Selain delapan merek itu, Direktorat Jen­deral Mineral dan Batubara Kementerian ESDM setiap bulan menetapkan HPB 67 merek dagang batubara lainnya. Untuk penjualan ba­tubara yang dilakukan dalam jangka tertentu, 12 bulan atau lebih, maka harga batubara men­gacu rata-rata tiga HPB terakhir dengan faktor pengali 50 persen untuk HPB bulan terakhir, 30 persen untuk HPB satu bulan sebelumnya, dan faktor pengali 20 persen untuk HPB dua bulan sebelumnya.

BACA JUGA :  Tersambar Petir saat Cari Ikan, Nelayan di Pesisir Barat Tewas

(Yuska Apitya/tmp)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================