Seperti diketahui bersama bah­wa pelabuhan perikanan berskala internasional di Pelabuhan Ratu sudah terbengkalai selama tiga ta­hun. Saat ini, Pelabuhan Ratu masih berstatus Pelabuhan Perikanan Nu­santara (PPN), dan nantinya akan naik menjadi Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS). Ultimatum pun su­dah disampaikan kepada Pemda terkait agar pembangunan tersebut di atas segera direalisasikan, karena jika tidak maka dana hibah yang diberikan dari luar negeri akan di­tarik oleh pusat dan akan dialihkan kepada pembangunan pelabuhan lain,” kata seorang staf yang tidak ingin disebut namanya.

Selain belum memiliki pelabuhan perikanan berskala internasional, aktivitas ekspor peri­kanan di Jabar masih mengandalkan akses melalui pelabuhan Semarang, Surabaya dan Jakarta.Padahal, jika ekspor dilakukan langsung dari pelabuhan di Jabar, akan mendong­krak perdagangan dan lebih efisien serta menambah pendapatan asli daerah (PAD).

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat

84 pelabuhan perikanan di Jabar akan dikelola sesuai dengan amanat UU No. 23/2014 tentang pemerin­tahan daerah.

Pada kunjungannya ke Kabupat­en Sukabumi baru-baru ini, Dr. Ita Junita Puspadewi bersama jajaran Bappeda serta Dinas Kelautan dan Perikanan, merasa optimis dengan rencana yang akan dilakukan oleh Pemprov Jabar yaitu akan saling berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota yang mengelola 84 PPI. Sementara pemerintah kabu­paten nantinya hanya diberi otori­tas untuk mengelola tempat pele­langan perikanan.

BACA JUGA :  Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati Bogor Tahun 2023, Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor Gelar Rapat Paripurna 

Kalangan nelayan di Jabar me­nilai pembangunan pelabuhan berskala internasional harus sesuai dengan tata ruang yang diamini juga oleh Presidium SNI Jabar.

Semua pihak berharap akan mengedepankan sisi kemanusiaan serta peran partisipatif masyara­kat sekitar, demikian juga dengan posisi nelayan agar tidak dihambat oleh regulasi yang menyulitkan jika pelabuhan itu terwujud.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================