Bayi dengan kondisi berkepala dua ini rencanan­ya hendak dirujuk ke RSU dr Soetomo yang mempunyai peralatan medis yang lebih lengkap. “Namun keluarga si bayi belum menyetujui. Bagaimanapun kami harus meminta pendapat keluarga, dan kami hormati keputusan itu. Kami tetap merawat bayi ini,” tandas Maftukhan.

Ketua Pusat Pelayanan kembar Siam Terpadu RSU dr Soetomo, dr Agus Harian­to SpAK mengaku pihaknya dilibatkan dalam perawatan bayi berkepala dua di Gresik. Pihaknya setuju bila si bayi tetap dirawat di RS Ibnu Sina dan belum perlu dirujuk ke RSU dr Soetomo, hingga kondisi benar-benar stabil. Dan hingga kini piak RS Ibnu Sina terus melakukan kon­sultasi melalui telepon. “Saat ini sedang masa stabilisasi. Jikapun akan dirujuk ke RSU dr Soetomo, biarlah kondis­inya stabil dulu,” kata Agus, Rabu (10/8/2016).

BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Krim Soda yang Praktis Mudah Dibuat

“Kondisinya belum bagus benar tetapi secara umum stabil,” ujar dokter penang­gung jawab bayi berkepala dua, dr Wiweka Merbawani SpA kepada wartawan di ru­ang neonatologi RSUD Ibnu Sina, Rabu (10/8/2016).

Problem sesak napas yang diderita sang bayi kemarin, kata Wiweka, sudah teratasi dengan memberi bantuan penapasan lewat selang oksi­gen. Perkembangan kondisi kesehatan anak pasangan Sugianto dan Sri Wahyuni ini akan terus dipantau. “Pantau­annya dari menit ke jam, jadi kondisinya bisa berbeda dari menit ke jam,” kata Wiweka.

BACA JUGA :  Kamu Harus Tahu, Ini Dia 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Wakil Bupati Gresik Mo­chamad Qosim menyempat­kan diri mengunjungi bayi berkepala dua tersebut. Qo­sim mengatakan, apapun yang terjadi semuanya harus tetap bersyukur. “Dilahirkan kemarin, dan operasi (cesar) nya berhasil. Meskipun tidak seperti yang diharapkan, teta­pi bayinya hidup. Tetap harus bersyukur,” ujar Qosim.

Qosim menegaskan bah­wa biaya perawatan bayi ini akan ditanggung oleh Pemk­ab Gresik. Dan tetap akan di­tanggung jikapun nanti akan dirujuk ke RSU dr Soetomo. “Kami juga akan menang­gung biaya hidup orang tua sang bayi, kata Qosim.

(Yuska Apitya)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================