Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina memang ten­gah giat membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) sebagai upaya alih en­ergi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Kendaraan yang bisa menikmati BBG adalah kenda­raan yang sudah dilengkapi dengan converter kit.

Bagi transportasi massal seperti angkutan kota (ang­kot) yang ingin menikmati BBG dapat membeli converter kit melalui pinjaman koperasi angkutan di wilayah Jabodeta­bek. Saat ini, harga converter kit untuk kendaraan roda em­pat dibanderol Rp 16 juta sam­pai Rp 21 juta per unit.

“Makanya kami di sini bertugas juga mengedukasi dan memberdayakan kompo­nen di masyarakat itu nanti bisa ditanya ke koperasi juga bagaimana mereka menge­lolanya. Mereka juga bekerja sama dengan pihak yang me­nyediakan converter kit ke­mudian pembayarannya dici­cil ke koperasi tersebut,” ujar Wiko.=

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Pertamina juga memjem­batani koperasi dan penyedia converter kit untuk memberi­kan kemudahan pembiayaan bagi supir angkot yang ingin mengonversi energi ke BBG. Sehingga pemanfaatan gas se­bagai bahan bakar dapat lebih optimal. “Ini inisiatif dari Per­tamina untuk menggandeng pengusaha koperasi, pengusa­ha angkot, dan juga penyedia converter kit. Di sini kami han­ya suplai bahan bakarnya saja, yang penting adalah bagaima­na mengedukasi dan member­dayakan komponen yang ada di masyarakat,” tutur Wiko.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

Untuk pemasangan con­verter kit, lanjut Wiko, dapat dilakukan di beberapa beng­kel yang sudah menyediakan teknologi tersebut. Pertamina juga menggandeng produsen converter kit untuk memu­dahkan kendaraan yang ingin memasang converter kit. “Di bengkelnya ada beberapa di Jakarta, Tangerang, Bogor. Bengkelnya juga bukan milik Pertamina tapi umum dan itu biasanya tergantung dengan converter kit yang digunakan merek apa. Kebetulan untuk di sini kami kerja sama dengan salah satu brand converter kit swasta, nanti mungkin bisa di­tanyakan lagi,” tutup Wiko.

(Yuska Apitya/dtk)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================