Golestan_palace_TehranNia S. Amira
[email protected]

Propinsi Golestan terletak di Timur Laut Iran, di bagian Selatan Laut Caspia dan Gorgan sebagai ibuko­tanya. Seperti yang kita ketahui, Golestan merupakan satu dari 31 provinsi yang ada di Iran dan di tahun 997, me­misahkan diri dari propinsi Mazandaran. Golestan memiliki luas wilayah sebesar 20,380 km persegi dengan total jumlah penduduk 1,777,014 dengan perbedaan 6 etnis yang bermukim di propinsi ini seperti etnis Persian 43%, Turkmen 33%, Tourki 15%¡ Zaboli 5%, Balluchi 4%, serta etnik lainnya 1%. Etnik Persia merupakan pen­duduk asli sementara etnis lain dipandang sebagai para pendatang yang berimigrasi ke Golestan pada masa lampau.

BACA JUGA :  Bawolato Nias Geger, Penemuan Mayat Pria Mengapung di Sungai Hou Sumut

Seperti halnya propinsi Gilan, Golestan memiliki pemandangan alam yang indah,. Secara geografi, Golestan dibagi 2 area, dataran rendah dan rangkaian pegunungan Alborz dan memiliki cuaca serta temperatur yang sedang sepanjang tahun. Puncak gunung tertinggi be­rada di wilayah Shavar province dengan ketinggian 3,945 meter.

Orang-orang Turkmen mendiami wilayah utara propinsi, dataran rendah yang disebutTurkmen Sahra. Sejak abad ke-15 masyarakat nomaden ini telah tinggal di Gonbad-e Kavus dan Bandar Torkaman, Gorgan, Ali Abad, Kalaleh, Qezelbashs dan Kurds. Etnis Turkmen adalah orang Muslim dan belajar di Sekolah Hanafi yang meru­pakan aliran Sunni.

BACA JUGA :  Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Menang Lawan Korea

Sementara kelompok etnis lainnya seperti Qezelbashs, Kazakhs, Georgia,dan Armenia juga berdiam di wilayah ini, dan tetap memelihara tradisi dan ritual mereka sendiri.

Musik Rakyat orang Turkmen muncuk dalam irama Bakhshi dan Baghshi. Dua senar dalam alat musik orang Turkmen yang disebut Dotār digunakan secara luas untuk menciptakan irama-irama tersebut. Tarian orang Turkmen disebut Jazjar. Ha­sil-hasil kerajinan masyarakat di provinsi ini misalnya karpet, kain ikat sutra, keraji­an jahit, dan sebagainya. Menurut temuan arkeologi di bukit tua bernama Torang Tappe, peradaban manusia di propinsi Golestan sudah ada sejak 3000 tahun se­belum masehi.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================