rooney-b8Alfian Mujani

[email protected]

Spekulasi tentang bakal hilangnya posisi Wayne Rooney sebagai kapten Manchester United kian kencang. Namun spekulasi ini terjawab sudah setelah Jose Mourinho menyatakan akan tetap mempercayakan posisi kapten ‘Setan Merah’ kepada Rooney.

Belakangan Mourinho, sang manager MU, terus mengurangi peran Rooney. Bintang sepak bola Inggris ini sudah kehilangan posisinya sebagai pemain inti di dua laga terakhir MU, yakni saat menang 4-1 atas Leicester City pekan lalu dan hanya sebagai pemain pengganti saat menang 1-0 dari Zorya Luhansk di Liga Europa  Kamis lalu.

Apa yang dilakukan Mourinho dengan mencadangkan Rooney ini disambut gembira sebagian besar fans ‘Setan Merah’ yang memang sudah geram melihat performa Rooney yang gitu-gitu aja, dan terkesan tidak punya peran penting di dalam tim.

Kondisi yang ada saat ini mulai memunculkan rumor bahwa Rooney benar-benar akan terpinggirkan dari tim utama dan juga kehilangan status kaptennya. Tapi, hal itu dibantah keras oleh Mourinho.

“Apapun yang terjadi, Wayne tetap kapten,” ujar Mourinho seperti dikutip Soccerway. “Tidak peduli apakah dia bermain atau tidak. Dia adalah kapten saya dan kapten klub serta para pemain,” sambungnya

“Tentunya menyulitkan bagi semua pemain dengan menjadi kapten. Jadi dia patut dihormati dan juga didukung. Dia itu simbol Manchester United, dia seorang profesional hebat dan ingin menang. Tentu saja kami bahagia ketika dia bikin gol.”

BACA JUGA :  Catat 2 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Kabupaten Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

“Dia bicara kepada seluruh pemain dan memotivasi para pemain. Dia masih melakukan hal yang sama di ruang ganti seperti ketika dia masih jadi starter dua pekan lalu. Dia akan mencetak banyak gol untuk kami dan dia akan bekerja keras untuk kami. Saya tidak pernah meragukannya,” tutupnya.

Rooney musim ini baru bikin satu gol dari sembilan penampilan di seluruh kompetisi. Peran Rooney kini tak lagi sebagai penyerang utama melainkan lebih sering dimainkan di posisi gelandang serang.

Pemain Pengganti

Seperti diberitakan sebelumnya, Rooney masuk sebagai pemain pengganti di pertengahan babak kedua lalu membuat assist dalam kemenangan Manchester United atas Zorya dinihari tadi.

Kemenangan dengan skor 1-0 itu di Old Trafford, Jumat (30/9/2016) dinihari WIB, krusial buat The Red Devils yang kalah atas Fenerbahce di matchday 1 dua pekan lalu.

Rooney sendiri menjalani pertandingan keduanya secara beruntun sebagai pemain pengganti. Kali ini kapten MU itu tampil 23 menit, setelah akhir pekan lalu cuma dapat tujuh menit bermain dalam kemenangan 4-1 atas Leicester City di Premier League.

Dari 23 menit bermain, Rooney pegang andil dalam gol tunggal kemenangan MU atas Zorya yang dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic di menit ke-69, alias dua menit setelah masuknya si pemain internasional Inggris.

BACA JUGA :  Dijamin Bikin Nagih! Ini Dia Resep Kolang Kaling Saus Santan yang Sedap dan Mantap

Diawali sebuah umpan silang dari kanan, Rooney yang tidak terkawal di depan gawang berusaha menendang bola. Tidak sempurna karena bola tidak tepat disepaknya sehingga memantul perlahan. Tapi di sisi lain hal itu tampaknya juga mengejutkan kubu lawan yang terlihat kagok dalam melakukan antisipasi. Bagusnya pula, untuk MU, laju bola saat itu sudah cukup untuk dapat disambut Ibrahimovic dengan tandukan di tiang jauh.

Ia tertawa-tawa dan mengatakan sudah membuat assist bagus,” kata Manajer MU Mourinho seperti dilansir Sky Sports.

“Tapi ia benar-benar sudah memberikan apa yang dibutuhkan tim pada saat itu, yaitu keberadaan, sosok kedua di kotak penalti. Ia lebih condong sebagai seorang penyerang ketimbang Juan (Mata) dan Juan bergerak lebih ke kanan.

Setelah gol itu (Anthony) Martial masuk, segar dan punya kecepatan, juga berusaha menyudahi permainan. Memang tidak berhasil tapi keberadaan sosoknya juga positif,” beber peracik taktik asal Portugal tersebut.

Dalam catatan Whoscored, dalam 23 menit aksinya dinihari tadi Rooney membuat 20 touch dari 954 sentuhan MU terhadap bola sepanjang pertandingan, 88% operan sukses, dan tentunya satu assist. Pergerakannya melawan Zorya tak cuma di dalam kotak penalti dan justru malah lebih banyak mengelilinginya, bahkan juga sampai ke area bertahan ‘Setan Merah’–sebagaimana gaya mainnya yang biasa. (dtc)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================