kriketBOGOR, TODAY—Untuk pertama kalinya cabang olahraga cricket dipertandingkan pada PON XIX tahun 2016  yang digelar di Jawa Barat.  Tim cricket  putri Jawa Barat berhasil meraih medali perak  di nomor S8. Sedangkan tim cricket putra berhasil menyabut medali perak untuk nomor T20’S  dan medali perunggu untuk nomor  S8.

“Sebetulnya Tim Cricket Jawa Barat ditargetkan meraih medali emas, namun ternyata lawan lebih baik dan lebih siap, sehingga kita hanya meraih medali perak. Meskipun demikian, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh atlet cricket Jawa Barat,” kata Ketua Harian Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Pengprov Jawa Barat Heru Tarusan Belom di Bogor, kemarin.

Heru menambahkan, saat ini olahraga cricket belum terlalu memasyarakat.  Karena itu, pihaknya akan lebih gencar melakukan sosialisasi cricket kepada masyarakat. Caranya antara lain menambah pengurus cabang di kabupaten/kota  dan memperbanyak kompetisi atau kejuaraan cricket di jawa barat.  Hal tersebut setidaknya mempunyai dua tujuan.

Baca Juga :  Polandia Serukan Tolak Atlet Rusia dan Belarusia dalam Olimpiade 2024

“Pertama, agar olahraga cricket lebih dikenal oleh masyarakat. Kedua, untuk mencari bibit-bibit berbakat olahraga cricket. Pengprov Cricket Jawa Barat menargetkan pada PON XX tahun 2020 tim cricket Jawa Barat harus merebut medali emas,” papar Heru.

Secara umum, kata Heru, tim cricket Jawa Barat mempunyai potensi besar untuk meraih prestasi lebih baik pada masa-masa mendatang. “Batas usia maksimal PON adalah 25 tahun. Saat ini para atlet cricket Jawa Barat umumnya masih remaja, usianya rata-rata  sekitar 18 s.d 20 tahun. Mereka masih berkesempatan memperkuat tim cricket Jawa Barat pada PON 2020,” tuturnya.

Heru menanabahkan, pencarian bibit unggul cricket tersebut sangat penting, karena cricket akan dipertandingkan pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. “PON XIX yang baru saja berlalu merupakan ajang untuk mencari pemain-pemain handal cricket untuk tim nasional. Kita berharap banyak pemain cricket Jawa Barat yang berhasil terpilih menjadi atlet timnas cricket,” ujar Heru.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Ketua Umum PCI Kota Bogor Dedeh Soeria Atmadja menyambut baik program Pengprov Jawa Barat. “Kami menyambut baik dan sangat mendukung program Pengprov Jawa Barat. Kami pun sudah menyiapkan beberapa program untuk menyosialisasikan dan memajukan olahraga cricket di Kota Bogor. Antara lain, memberikan pelatihan kepada para guru olahraga, sosialisasi ke sekolah-sekolah di enam kecamatan di Kota Bogor, dan menggelar kompetisi cricket antarsekolah di enam kecamatan tersebut,” kata Dedeh.

Dedeh menambahkan, kompetisi cricket antarsekolah tersebut akan melibatkan sekolah negeri maupun swasta. “Hal ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul sedini mungkin,” papar  Dedeh.***