bayi-muntahGUMOH memang wajar dialami oleh bayi, terutama setelah menyusu. Namun seringkali bayi mengalaminya cukup sering dalam sehari. Nah, bagaimana batas wajar gumoh pada bayi yang dianggap masih aman menurut dokter?

“Gumoh adalah proses alami dan wajar untuk mengeluarkan udara yang tertelan bayi saat minum ASI. Memang salah satu penyebabnya bisa saja terlalu banyak ASI, namun tidak selalu berarti bayi sudah kenyang,” ujar dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya, seperti dikutip detikHealth.

Dilanjutkan oleh dr Meta, batas normal gumoh pada bayi adalah sekitar 4-5 kali per hari. Perhatikan juga berat badan bayi, jika stabil dan naik maka bisa dikatakan masih aman. “Selama pertumbuhan tetap baik (bobot naik baik) dan bayi tetap aktif minum, tidak perlu khawatir, masih normal kok,” pungkas dr Meta.

Yang terpenting, bersihkan secara rutin bekas susu yang berwarna keputihan pada lidah bayi, termasuk setelah gumoh. Sebab jika jarang dibersihkan maka bukan tak mungkin risiko jamur candida tumbuh pun mengintai.

Bersihkan lidah bayi dengan cara mengusapkan kasa steril yang telah dibasahi dengan air matang secara perlahan. (net)