seleksi-cpnsJAKARTA, TODAY—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan segera mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam waktu dekat. Penerimaan CPNS ini ditujukan untuk pelamar jalur umum.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pengumumannya. Kalau sudah matang, pasti saya umumkan,” tegas Menpan RB, Asman Abnur di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Ketika dikonfirmasi lebih jauh mengenai waktu pengumuman dan kuota penerimaan CPNS jalur pelamar umum yang dibuka, Asman masih merahasiakannya. Dengan alasan pemerintah sedang menghitung kebutuhannya. “Pokoknya jangan minggu ini, nanti tunggu proses selesai. Karena sekarang saya lagi menghitung kebutuhan CPNS, yang pensiun, jadi belum diputuskan. Tunggu saja, kalau saya ngomong malah jadi janji,” terangnya.

Terkait belum diumumkannya penerimaan CPNS, Asman sekaligus mengingatkan jika kabar seluruh penerimaan rekrutmen jalur umum yang beredar saat ini adalah tidak benar. “Itu hoax, tidak benar, saya sudah bantah. Yang tetap buka penerimaan itu untuk tenaga di bidang pendidikan, seperti guru, kesehatan,” kata dia.

Baca Juga :  Siap-siap AS Bakal Kena Resesi di Tahun 2023 Ini

KemenPAN-RB juga tengah mengalkulasi antara jumlah kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS), dengan jumlah PNS yang hendak memasuki masa pensiun.

“Itu ada hitung-hitungannya, nanti saya kasih tahu deh. Lagi proses sekarang. Saya lagi melakukan audit kepegawaian,” ujarnya.

Jika sudah didapat angka jumlah PNS yang pensiun, dan jumlah PNS yang dibutuhkan, pemerintah akan membuka pendaftaran calon PNS.

Namun, Asman tidak mengetahui kapan tepatnya kajian tersebut rampung. Ia hanya memastikan bahwa kajian tuntas dalam waktu dekat. “Jadi, otomatis tidak ada lagi istilahnya moratorium PNS nantinya,” ujar Asman.

Baca Juga :  Wow! Ternyata Segini Lho Bayaran Song Hye Kyo per Episode di Drama The Glory

Asman belum berani menanggapi beredarnya informasi di masyarakat melalui media sosial, soal pembukaan pendaftaran CPNS 2016 oleh sejumlah kementerian dan lembaga negara.

Ia akan mengecek kebenarannya terlebih dahulu soal itu. “Harusnya belum (buka pendaftaran) sih ya. Nanti saya akan cek dulu, karena saya masih mengkaji,” ujar Asman.

Kebijakan moratorium atau penghentian sementara pengangkatan PNS diputuskan pada 2014. Alasan pemerintah ketika itu, lantaran jumlah PNS telah mencapai kurang lebih 4.517.000 orang. Dengan jumlah itu, rasio kepegawaian terhadap jumlah penduduk secara nasional, ada pada angka 1,77.

Sementara itu, banyak daerah yang rasio kepegawaiannya terhadap jumlah penduduk setempat tidak normal, yakni mencapai angka 2,5 -3. Dengan rasio yang tinggi, maka belanja anggaran pegawainya juga akan membengkak tinggi.(Yuska Apitya)