kakian-onlinePemerintah melalui Kementerian BUMN berencana untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui sistem penjualan online alias e-commerce. Pemasaran produk UMKM lewat situs belanja online dilakukan agar produk UMKM buatan dalam negeri lebih dikenal di negerinya sendiri.

Rencana tersebut dibahas dalam rapat yang digelar oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno bersama dengan beberapa petinggi BUMN lainnya. Rapat dimulai sejak pukul 16.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat perusahaan BUMN lainnya, antara lain Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Konsumer BRI, Sis Apik Wijayanto, dan Presiden Direktur PT Telkomsel Alex J. Sinaga.

“Ya (rapat) sinergi antar BUMN, kan kita punya binaan UMKM, yang punyanya belanja.com kan punyanya Telkom. Kita masukkan produknya melalui Blanja.com,” ungkap Direktur Konsumer BRI, Sis Apik Wijayanto usai rapat, pada Selasa (11/10/2016).

Sis Apik juga mengatakan, melalui situs Blanja.com, dapat meningkatkan daya saing UMKM-UMKM yang berada di daerah. Langkah ini juga dilakukan untuk mendukung produk buatan dalam negeri. “Kita kan support-lah. Kita kan punya binaan-binaan yang banyak ya. Sehingga daerah-daerah itu kita ambil untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui e-commerce belanja.com,” jelas Sis Apik. (Yuska Apitya/dtk)