MADRID, TODAY—Cristiano Ronaldo memang tidak mencetak gol dalam laga Rabu dini hari. Namun, bintang Real Madrid asal Portugal itu tetap tampil agresif –amat agresif malah. Sang pelatih, Zinedine Zidane pun senang.

Madrid menang 5-1 atas Legia Warsawa pada  pertandingan yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (19/10/2016) dini hari WIB. Kelima gol Madrid dicetak Gareth Bale, Marco Asensio, Lucas Vazquez, Alvaro Morata, dan gol bunuh diri Tomasz Jodlowiec.

Ronaldo masih tampil dengan cirinya: tidak ragu melepaskan sepakan manakala melihat kesempatan. Sial baginya, ia urung menjadi salah satu pencetak gol Los Blancos.

Dalam catatan Squawka, Ronaldo melepaskan 9 tembakan sepanjang pertandingan, namun hanya 2 di antaranya yang mengarah tepat sasaran (on target). Kendati begitu, Ronaldo tetap menyumbang kontribusi positif; ia mencetak 2 assist di laga tersebut.

Masih menurut Squawka, 9 tembakan Ronaldo itu lebih banyak dari yang dihasilkan 4 tim Liga Champions dalam satu laga semalam. Keempat tim itu adalah CSKA (8), Club Brugge (7), Tottenham Hotspur (6), dan Dinamo Zagreb (5).

Ronaldo, yang sempat absen di awal musim ini lantaran tengah memulihkan diri dari cedera, sudah bermain sebanyak 3 kali di Liga Champions musim ini. Dalam 3 penampilan itu, dia mencetak 2 gol. Baru di laga melawan Legia semalam dia gagal mencetak gol di Liga Champions musim ini.

Baca Juga :  Ganda Putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin ke Peringkat 6

Di Liga Champions musim ini, Ronaldo sudah melepaskan 7 shot on target, 7 shot off target, dan 5 tembakan diblok pemain lawan (non-kiper).

Kendati pun Ronaldo tengah “apes” semalam, pelatih Madrid, Zinedine Zidane, mengaku tidak khawatir. Baginya, kontribusi Ronaldo tidak dinilai dari sekadar gol.

“Dia dapat banyak kesempatan malam ini, tapi dia mencetak gol Sabtu lalu. Saya yakin, dia akan mencetak gol akhir pekan ini,” ujar Zidane seperti dilansir Soccerway.

Zidane Puas

Zinedine Zidane sempat khawatir dengan formasi pilihannya saat menghadapi Legia Warsawa ini. Namun di akhir  laga, dia puas El Real menang dengan banyak gol.

Dalam lanjutan Grup F Liga Champions yang digelar di Santiago Bernabeu, Rabu dini hari WIB, Madrid meraih kemenangan 5-1. Los Blancos sudah unggul 3-1 lebih dulu pada babak pertama.

Pesta gol itu menjadi lanjutan performa apik Madrid saat mnghadapi Real Betis akhir pekan lalu. Mereka juga menang besar dengan skor 6-1.
Zidane tak memungkiri sempat waswas dengan pilihan formasinya kali ini yang boleh dibilang menggunakan ultra attacking line up. Madrid menguasai ball possession hingga 61% dengan membuat 31 tembakan dan 11 di antaranya yang tepat sasaran. Sementara, Legia cuma bikin 13 peluang dan lima yang on goal.

“Kami menciptakan banyak sekali peluang gol dan kami bisa mengeksekusi lima di antaranya. Saya senang dengan penampilan para pemain penyerang. Dengan pendekatan ini saya tahu ada risiko pada bagian pertahanan tapi inilah rencana pertandingan yang kami pilih. Kadang kala keputusan harus diambil dan akhir pekan nanti kami akan menyuguhkan sistem yang berbeda,” kata Zidane seperti dikutip situs resmi klub.

Baca Juga :  Gibran,Bocah Asal Kabupaten Bogor, Sabet Juara 1 di Ajang Taekwondo Challenge Kemenpora

“Kami dituntut untuk bisa selalu meningkatkan permainan. Kami mengambil sedikit risiko tapi hal positifnya kami bisa menciptakan banyak peluang. Yang lebih penting adalah hari ini kami bisa mencetak banyak gol. Kami bekerja dengan baik meskipun lini pertahanan sangat riskan.

“SIstem yang kami gunakan tergantung para pemain. Hari ini kami memutuskan untuk tampil lebih menyerang. Itu berisiko tinggi dengan mereka berpotensi untuk membuat counter attack. Yang menyenangkan buat saya adalah kami bisa menjalani pertandingan kami sendiri, menciptakan peluang gol, dan memainkan sepakbola yang indah,” ucap dia. (Alfian M|dtc.sport)